Perdarahan setelah berhubungan intim

AW Info Penanya: AW, Wanita, 2019 Tahun
Dok, saya dan suami bertemu sebulan cum beberapa hariDan di beberapa hari itu saya sering berhubunganTapi saat berhubungan yg kesekian kalinyaSelalu keluar darah baik darah segar ataupun gumpalanDan ini terjadi sudah dua bulan terkahir iniDan itu bukan pada jadwal menstruasi sayaKira kira penyebabnya apa dokter.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AW

Terimakasih telah bertanya di Forum SehatQ.

Ada banyak alasan mengapa seorang wanita bisa mengalami perdarahan setelah berhubungan seks. Kami menyebutnya "perdarahan postcoital". Beberapa penyebabnya adalah :

  • Infeksi seperti penyakit radang panggul atau infeksi menular seksual akibat chlamydia. 
  • Vagina yang kering akibat berkurangnya pengeluaran cairan vagina setelah menopause, luka atau robek setelah melahirkan atau akibat gesekan saat berhubungan seksual.
  • Polip serviks (pertumbuhan di pintu rahim) atau endometrium (pertumbuhan dalam rahim).
  • Erosi serviks dimana ada permukaan pintu rahim yang meradang.

Sebaiknya anda diperiksa oleh Dokter Kandungan untuk evaluasi dan pemeriksaan lebih lanjut seperti tes kehamilan, pemeriksaan dalam, pap smear dan USG.

Apa yang bisa anda lakukan sementara waktu?

Mengingat anda dan suami jarang bertemu tiap bulannya, jadi saya bisa membayangkan betapa bersemangatnya dalam berhubungan. Untuk mengurangi lecet akibat kurangnya pemanasan, anda bisa menggunakan pelumas sebelum dan selama berhubungan seks. Pelumas yang dijual ada beberapa yang memberi sensasi tambahan untuk anda dan pasangan. Bisa juga ada perdarahan sisa dari dalam rahim setelah menstruasi, jadi saat berhubungan beri jeda beberapa hari setelah haid.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kehidupan seksual mengalami perubahan seiring pertambahan usia

Bagaimana Pengaruh Usia Terhadap Kehidupan Seksual?

Kedekatan dan rasa saling memiliki sangat penting dalam hubungan intim usia lanjut. Namun seiring berjalannya waktu, rasa keterikatan terhadap pasangan mungkin akan lebih penting daripada rasa ketertarikan. Anda pun mungkin akan mengukur kepuasan hubungan dengan kasih sayang, rasa saling percaya, komitmen dibandingkan dengan kepuasan seksual.