Bagaimana menangani mata berdarah akibat kecelakaan?

CU Info Penanya: CU
Jika kita menemukan kecelakaan kemudian ada korban yang mengalami pendarahan besar pada mata nya, bagaimana cara melakukan pertolongan pertama nya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, CU.

 

Benturan yang mengakibatkan perdarahan pada mata merupakan hal yang serius dan perlu penanganan cepat sebab ini merupakan kondisi kegawatdaruratan yang terjadi pada mata. Dalam dunia medis hal ini dikenal dengan istilah trauma mata dimana struktur bola mata seluruhnya mengalami kerusakan termasuk, bola mata, saraf mata, rongga orbita, dan kelopak mata.

Pada dasarnya penanganan trauma mata terutama perdarahan yang besar sebaiknya segera dibawa ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat dari lokasi kejadian kecelakaan. Anda hanya perlu menutup mata dengan kain yang bersih dan sedikit menekannya untuk membantu menghentikan perdarahan. 

Anda dapat memberikan banyak minum untuk menggantikan cairan yang hilang oleh karena darah yang banyak keluar. Sesampainya di rumah sakit dokter akan mengonsultasikan kepada dokter spesialis mata untuk dilakukan tindakan operasi sesegera mungkin. Namun perlu diketahui risiko trauma mata berat dan perdarahan besar akan menimbulkan masalah pada penglihatan hingga kebutaan.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat tetes mata merupakan salah satu pilihan obat sakit mata

6 Jenis Obat Sakit Mata yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

Obat sakit mata bukan hanya tetes mata yang beredar di pasaran, namun juga bisa berbentuk kompres hangat hingga antibiotik.