Bagaimana bila percobaan bunuh diri terpicu kembali?

AA Info Penanya: AA, Pria, 1 Tahun
dok, saya depresi ditandai dengan insomnia, keinginan bunuh diri. saya sudah mencoba bertahan dari percobaan bunuh diri 2 thn lalu namun sekarang terpicu lagi untuk melakukannya dok. pemicunya dari keluarga, karir, pendidikan. untuk melakukan olahraga saja saya tidak memiliki semangat. konsultasi ke teman pun punya keinginan yg sama. bahkan ironinya saya yg menasehatinya agar tidak bunuh diri. Ketika saya mencari motivasi/hobi/tujuan membuat depresi bertambah. adakah obat antidepresan yg cocok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Depresi adalah salah satu gangguan kejiwaan dimana seseorang tidak mampu beradaptasi atau menghadapi masalah yang sedang dihadapi.

Seseorang yang mengalami depresi memiliki ciri-ciri :

  1. Hilang semangat hidup.
  2. Mudah lelah.
  3. Mendadak sedih atau marah tanpa alasan yang jelas.
  4. Gangguan tidur berupa mudah mengantuk atau tidak bisa tidur.
  5. Mudah lapar atau hilang napsu makan.
  6. Merasa dirinya tidak berharga.
  7. Ada pikiran untuk bunuh diri bahkan sampai ada percobaan bunuh diri.

Yang perlu Anda lakukan tentunya mengatasi masalah yang sedang Anda hadapi, dan berusaha memecahkannya atau beradaptasi dengan cara :

  1. Berbagi cerita dengan orang lain yang Anda percayai. Bila orang tersebut tidak bisa membantu atau malah lebih bermasalah (depresi) dibanding Anda, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan psikiater yang jelas berkompeten di bidangnya. 
  2. Cari kegiatan baru dengan orang-orang baru untuk merubah suasana yang lebih baik.
  3. Coba pelihara hewan di rumah sebagai pengalih perhatian Anda terhadap keinginan bunuh diri.

Bila hal ini sudah berlangsung lama, dan sering terbesit pikiran untuk bunuh diri, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke psikiater. Psikiater akan membantu mengarahkan Anda menghadapi masalah yang sedang Anda hadapi, dan meresepkan obat-obatan sesuai dengan keluhan yang Anda rasakan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pengobatan depresi pada lansia dapat dilakuakn dengan terapi, termasuk obat-obatan dan konseling

Memahami Depresi pada Lansia, Apa Penyebab dan Cara Mengobatinya?

Depresi pada lansia berbeda dengan depresi pada orang dewasa atau yang berusia lebih muda. Depresi pada lansia sering muncul dengan penyakit lain atau cacat, dan biasanya berlangsung lebih lama. Risiko depresi pada lansia meningkat jika ditemukan kondisi, seperti: kurang bergaul, tidak memiliki pasangan, dan stres.