30 Sep 2021, 07:37Penyakit Lainnya

Percikan air habis cuci tangan

OP
Info Penanya: OP0
Dok, tmn saya suka sekali memercikan air abis dia cuci tangan. Saya tdk tau dia habis pegang apa siapa tau ada virus mematikan ditangan nya. Sehabis cuci tangan dia memercikan air bekas cuci tangan dia yg habis pake sabun dan bilas lg pake air, dan mengenai mata saya. Apakah ada penularan virus mematikan dari situ dok?
82 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lizsa Oktavyanti
(0)
Selamat siang, OMencuci tangan adalah kebiasaan baik. Telapak tangan kita dapat dan mudah terpapar bakteri dan virus, bari benda-benda yang kita pegang. Mencuci  dengan sabun dan air mengalir dapat mencegah penuran penyakit dari telapak tangan. Sebaiknya keringkan tangan dengan handuk bersih ataupun tisu setelah mencuci tangan. Memercikan air setelah mencuci tangan dapat menyebabkan individu lain terpleset, dan pada kasus anada, air bekas cuci tangan memercik ke mata, air ini tidak akan menyebabkan infesi mata karena virus atau bakteri, karena virus dan bakteri sudah mati oleh sabun. Namun, air sisa cuci tangan yang terciprat masuk kedalam mata dapat menyebabkan iritasi mata, yang ditandai dengan mata merah, berair dan perih. Ketika air sisa cuci tangan terciprat kedalam mata, anda dapat melakukan beberapa hal :
  • Bilas mata, atau irigasi mata yang terkena cipratan air sabun dengan air matang,
  • Setelah dibersihkan, apabila mata masih terasa perih dan memerah, anda disarankan untuk menggunakan tetes mata yang mengandung air mata buatan,
  • Jangan mengucek-ngucek mata.
Disarankan untuk berkonsultasi ke dokter mata apabila keluhan masih berlanjut.Semoga membantu.Salam sehat,dr. Lizsa
kesehatan matamata iritasicuci tangan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil