01 Dec 2020, 10:27Psikologi

Perbedaan Psikiater dan Psikolog

E
Info Penanya: E0
Apa perbedaan psikiater dan psikolog?
422 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo E, saya akan membantu menjawab pertanyaan AndaBagi beberapa orang mungkin sulit untuk membedakan psikiater dan psikolog, terlebih karena keduanya sama-sama menangani bidang kesehatan mental . Berikut sedikit penjelasan tentang perbedaan keduanya.

Mengetahui tentang Psikiater

Psikiater adalah seorang dokter spesialis kesehatan jiwa, yang menyediakan layanan terapi, konseling, dan dapat meresepkan obat-obatan untuk penyakit seperti cemas, depresi, hingga gangguan halusinasi dan waham. Pada beberapa kasus seperti penyalahgunaan obat dan penderita HIV/AIDS juga sering diperlukan bantuan Psikiater dalam proses penyembuhan.

Mengetahui tentang Psikolog

Psikolog adalah seseorang lulusan psikologi, yang menyediakan jasa terapi dan konseling, namun tidak dapat meresepkan obat layaknya seorang dokter. Psikolog lebih menangani dengan pendekatan emosional dan cara berpikir.Pemilihan untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater, dapat didasari berdasarkan apakah gejala yang diderita pasien dapat diatasi hanya dengan konseling, ataukan harus dengan menggunakan bantuan obat. Anda boleh saja mencoba untuk konsultasi lewat psikolog terlebih dahulu untuk memastikan, dan jika tidak ada perubahan coba lakukan konsultasi dengan psikiater. Psikiater tidak selalu akan memberikan obat untuk setiap keluhan Anda, tetapi Anda akan mendapatkan penjelasan secara teori dokter untuk keluhan Anda. Salam sehatdr. Evelin Kwandang
masalah kejiwaanpenyakit kejiwaangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil