Perbedaan penyakit batu ginjal dan kencing batu.

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok, saya memiliki pertanyaan mengenai penyakit ginjal. Apakah penyakit batu ginjal itu sama dengan penyakit kencing batu ya Dok? Apa sih dok gejala dari kedua penyakit ginjal ini? Karena saya sering banget merasa sakit saat buang air kecil. Makasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Kencing batu merupakan kelainan dimana ketika seseorang kencing akan disertai dengan adanya pasir atau batu yang ikut terbuang bersama dengan urin. Batu ini bisa bermacam-macam ukurannya sehingga dapat menyumbat di ginjal (batu ginjal/ nefrolithiasis), di saluran kencing (ureterolithiasis), di kandung kemih (vesicolithiasis). Batu ini bisa terbentuk akibat seseorang mengonsumsi sedikit air putih, makan makanan yang mengandung protein tinggi.

Adanya batu di ginjal maupun salurannya akan menimbulkan keluhan berupa nyeri ketika kencing, keluar darah ketika kencing, nyeri pinggang, dan nyeri perut bagian bawah tergantung dari ukuran batu dan lokasi batu yang tentunya akan mempengaruhi pula cara penanganannya.

Penanganan batu ginjal dapat berupa obat-obatan dan konsumsi banyak air putih serta bahan-bahan alami bila ukuran batu kurang dari 0,5 cm. Namun untuk ukuran diatas 0,5 cm memerlukan tindakan berupa Shock Wave Lithotripsy (SWL), ureteroskopi, Percutaneous Nephrolithotomy atau Nephrolithotripsy (PCNL).

Untuk penanganan yang terbaik, lakukan konsultasi dengan dokter urologi.

Salam sehat,

dr. Vina

YT
14 Nov 2019, 00:32
Dok sy mo tanya, knp penis sy selalu basah bila telp sama istri, apalagi obrolan intim, selalu basah dok, memang sih penis sy tegang, tp kok bs basah ya....tanda apakah ini dok, lemah sahwat kah dok..... Terima kasih dok

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu di kandung kemih

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Perjalanan Mudik

Kemacetan saat mudik membuat seseorang menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Padahal, terdapat bahaya menahan buang air kecil saat mudik yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kandung kemih.