12 Sep 2021, 15:06Penyakit Lainnya

Perbedaan ocd dan intermittent fasting

P
Info Penanya: P0
Dokter, apa bener OCD lebih baik dari intermittent fasting? Soalnya banyak sekali yang merekomendasikan untuk program diet OCD. Memangnya, appa perbedaan OCD dan intermittent fasting?
737 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam PUntuk usaha menurunkan berat badan terdapat berbagai cara atau metode yang bisa dilakukan. Sekarang ini banyak yang menggunakan metode OCD atau intermitten fasting yang dipercaya dapat cepat menurunkan berat badan.

Perbedaan Ocd Dan Intermittent Fasting

Sebenarnya OCD adalah salah satu metode diet dari intermitten fasting yang sering disebut juga dengan diet puasa. Dalam menjalani diet ini seseorang diharuskan berpuasa makan selama 12-20 jam sehari dan hanya diperbolehkan makan dalam 4-8 jam saja, namun diperbolehkan untuk konsumsi air putih setiap waktunya.

Efek Samping OCD Atau Intermitten Fasting

Dalam penelitian dibuktikan bahwa bila tubuh berpuasa selama lebih dari 16 jam maka cadangan lemak bisa terbakar untuk membentuk energi yang dibutuhkan tubuh. Namun cara diet OCD atau intermitten fasting juga memiliki efek sampingnya. Berbagai efek sampingnya bisa:
  • Kelelahan
  • Lemas
  • Kurang zat nutrisi
  • Anemia
  • Gangguan pencernaan
  • Gangguan lambung
  • Sulit konsentrasi
  • Hipoglikemia (gula darah rendah)
Selain itu pula ada beberapa kondisi yang tidak disarankan untuk menjalani diet ini seperti pada diabetes, gangguan jantung, masalah tekanan darah, ibu hamil dan menyusui, anemia, dan anak dalam masa pertumbuhan. Selain itu metode ini juga tidak disarankan dilakukan dalam jangka waktu lama untuk menghindari berbagai efek yang bisa ditimbulkan.Karena itu untuk menurunkan berat badan sebaiknya dilakukan dengan bertahap dan dimulai dengan perubahan kebiasaan hidup sehat dan menjaga nutrisi makanan yang seimbang serta berolahraga dan meningkatkan aktivitas fisik. Anda bisa berdiskusi dengan dokter spesialis gizi mengenai diet OCD atau intermitten fasting dengan lebih jelas.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany 
tips dietmakanan dietdiet sehatdiet puasamenurunkan berat badan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil