10 Sep 2021, 13:55Penyakit Lainnya

Perbedaan dari skoliosis dan lordosis

F
Info Penanya: F, Wanita, 27 Tahun
Dokter, tulang punggung saya bengkok tapi tidak sakit dan banyak yang bilang ini skoliosis, tapi ada juga yang bilang lordosis. Memang, apa perbedaan dari skoliosis dan lordosis ?
175 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaannya. Skoliosis adalah kelainan pada kelengkungan tulang belakang sehingga tulang lebih miring ke arah samping.  Skoliosis disebabkan oleh kelainan bawaan lahir, faktor keturunan, cedera pada tulang belakang hingga gangguan pada saraf seperti cerebral palsy.  Sedangkan lordosis adalah kelengkungan tulang belakang yang berlebihan sehingga menganggu postur tubuh.  Kondisi ini paling sering pada punggung bawah.  Lordosis dipicu oleh kondisi seperti adnya osteoporosis, obesitas, gangguan pada sumsum tulang hingga kanker tulang.  

Perbedaan skoliosis dan lordosis :

  • Skoliosis tulang belakang melengkung ke samping sedangkan lordosis belakang tulang melengkung terlalu kedepan.  
  • Skoliosis dapat membuat bagian pinggul abnormal sehingga di satu sisi tangan dapat menyentuh pinggul, sisi lain tidak.  
  • Pada lordosis dapat timbul gangguan pada kandung kemih ketika tulang belakang yang terganggu bagian lumbal atau punggung bawah.  
  • Nyeri pada lordosis lebih berpusat pada punggung bawah dan leher.  Sedangkan nyeri skoliosis dapat di bagian punggung hingga menimbulkan kesulitan dalam bernapas. 
Jadi tulang bengkok memang bisa dikatakan skoliosis atau lordosis tergantung dari arah bengkok tulang punggung tersebut.  Apakah terjadi kesamping atau lebih ke depan.   Untuk memastikan apakah anda mengalami skoliosis atau lordosis maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lanjutan dengan dokter spesialis ortopedi sub tulang belakang.  Nantinya akan dilakukan pemeriksaan rontgen tulang belakang untuk dilihat arah kelengkungan tulang belakang anda sehingga penanganan dapat lebih tepat sesuai penyebab.  Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat, dr. Farah
masalah tulangskoliosiskesehatan tulang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil