Perbedaan daerah sporadis dan endemis untuk penyakit diare?

DD Info Penanya: DD, Wanita, 22 Tahun
Mau tanya dok, apasih yang menyebabkan suatu daerah itu digolongkan menjadi daerah sporadis dan endemis penyakit menular Diare? apakah kepadatan penduduk juga menjadi salah satu faktor penyebab? mohon dijawab ya dok, soalnya saya sudah browsing tapi belum ada jawaban yang jelas. terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DD

Terima kasih atas pertanyaannya.

Saya harus mengingat masa-masa saya di pedalaman bersama NGO di Papua. Pertanyaan Anda untuk kasus diare ya. Karena diare termasuk penyakit yang bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan ke siapa saja. 

Bila diare mewabah atau epidemik, kejadiannya terjadi pada daerah yang luas dan banyak orang. Misalnya terjadi suatu keracunan makanan di suatu proyek terpencil sehingga semua orang terkena diare. Dikarenakan kejadiannya cepat dan tidak terduga.

Sporadik adalah suatu keadaan yang ada di wilayah tertentu dan frekuensinya berubah-ubah menurut waktu tertentu. Misalnya pada kasus DBD di musim pancaroba. Untuk kasus diare agak sulit contohnya, mungkin bisa dengan contoh diare saat bulan puasa karena peningkatan jajanan seperti cendol atau es timun sari di daerah tertentu saja. Namun ada yang daerah memiliki produksi yang baik sehingga tidak menjadi diare.

Sedangkan endemik, penyakit tersebut khas di suatu daerah tertentu. Bila meluas dari cakupan biasanya disebut dengan epidemik. Untuk kasus diare bukan endemik suatu daerah. Contohnya adalah malaria yang endemis di daerah-daerah tertentu saja dan tidak termasuk di Jawa. Mungkin wisatawan asing menganggap Indonesia sebagai daerah endemis untuk Tifus karena kasusnya sudah jarang sekali di negara Barat.

Jadi agak sulit menentukan kategori pada penyakit diare karena penyebab dan lokasinya terlalu umum. Berikut artikel mengenai 6 makanan penyebab diare.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yogurt dengan kandungan probiotik merupakan salah satu cara ampuh mengatasi diare

4 Cara Mengatasi Diare yang Dapat Dilakukan di Rumah

Diare merupakan reaksi alamiah tubuh dalam melawan bakteri atau virus yang masuk ke tubuh. Akan tetapi, terkadang reaksi ini membuat kewalahan dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Diare dapat disebabkan oleh beberapa hal, tetapi penyebab paling umum adalah karena infeksi bakteri, virus, atau parasit.