Perbedaan cemas dan depresi

NY Info Penanya: NY
Dokter saya ingin bertanya, saya seorang mahasiswi semester 5 dan umur saya sekarang 20tahun, saya sering mengalami kecemasan berlebihan dan tiba-tiba saja kecemasan itu datang, kemudian saya merasakan pusing serta rasa takut; dan itu menyebabkan saya menangis tanpa sebab dok, saya juga seorang insomnia, saya mulai mengalami insomnia sejak saya smp hingga sekarang, bahkan saya bisa 3-4 hari bisa tidur hanya 3/2jam. Saya cari digoogle kalo ini tanda-tanda saya mengalami depresi atau stress, soalnya diartikel tsb dijelaskan bisa disebebkan juga dari keturunan? Dan memang dikeluarga saya, adik dari mama saya yaitu tante saya mengalamk depresi. Apakah saya mengalaminya dok? Tolong bantu dijelaskan dok, terimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, NY.

 

Cemas dan depresi adalah hal yang  berbeda ya. Saya jelaskan satu persatu ya..

Cemas berlebihan adalah suatu kondisi dimana seseorang merasa sangat khawatir dan cemas terhadap sesuatu hal hingga ia  mengalami gejala dibawah ini :

- Panik berlebihan

- Sulit tidur

-Tangan dan kaki dingin

-Berkeringat terutama pada tangan dan kaki

- Tidak bisa tenang

-Mulut kering

- Sesak napas

- Mual

-Pusing

- Jantung berdebar

-Otot menjadi tegang

 

Sedangkan depresi adalah kondisi dimana sangat sedih dan murung akan sesuatu hal yang terjadi, sehingga ia frustasi, kehilangan minat terhadap kesenangannya, gelisah, selalu menyalahkan diri sendiri, ingin menyakiti diri sendiri, mudah marah, tidak nafsu makan,dan sulit berkonsentrasi.

 

Cemas  dan depresi memang berkorelasi namun keduanya adalah hal yang berbeda. Mendiagnosis gangguan mental tidak bisa dengan menyamakan gejala dengan informasi dari artikel/ bacaan lainnya ya, dalam mendiagnosisnya harus dilakukan oleh dokter psikiatri. Untuk itu anda harus ke dokter psikiatri ya agar diperiksa langsung dan mendapat penanganan yang sesuai.

 

Selain itu, berkenaan dengan insomnia yang  anda alami, kemungkinan bisa berasal dari kondisi gangguan psikis yang dialami untuk itu sebagai tips untuk anda :

- Hindari kafein seperti teh/kopi

- Lakukan meditasi untuk mendapatkan ketenangan

- Hindari meggunakan gadget sebelum tidur

-Hindari menonton TV sebelum tidur

- Matikan lampu

 

Sebaiknya jangan menunda ke dokter ya

Salam sehat

dr. Karlina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Aroma lavender dapat menahan rasa sakit dan antikecemasan

10 Cara Mengatasi Stres yang Tidak Sulit untuk Anda Lakukan

Stres merupakan gangguan mental yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa cara mengatasi stres, antara lain mencium aroma lavender, berolahraga, pergi ke luar, perbanyak senyum, dan mendengarkan lagu.