18 Jun 2021, 18:16Pernapasan

Perbedaan bronkopneumonia dan bronkomalasia

F
Info Penanya: F, Wanita, 27 Tahun
Dokter, apa perbedaan bronkopneumonia dan bronkomalasia?
555 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaannya.Bronkopneumonia adalah adanya infeksi di paru bagian alveoli dimana menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam bernapas.  Gejala yang terjadi pada kondisi ini menyerupai infeksi saluran napas seperti demam, batuk berdahak yang lama, sesak napas, napas cepat, keringat dingin, nyeri dada.  Bronkopneumonia lebih sering terjadi pada anak kurang dari 2 tahun atau lansia lebih dari 65 tahun, orang dengan tempat kerja yang risiko tinggi, perokok aktif dan memiliki penyakit penyerta. Sedangkan bronkomalasia adalah kelemahan pada kartilago atau tulang rawan pada dinding paru sehingga lendir tidak dapat dikeluarkan saat akan batuk yang menyebabkan batuk akan lebih lama, lalu bunyi saat bernapas, sesak napas, mudah lelah ketika aktvitas, bibir biru pada anak, serta sering mengalami infeksi paru.  Bronkopneumonia ditemukan saat anak baru lahir ataupun pada orang yang memiliki riwayat pemasangan selang di saluran napas. 

Perbedaan bronkopneumonia dan bronkomalasia :

  • Bronkopneumonia adalah infeksi yang masuk ke paru sedangkan bronkomalasia adalah kelainan di paru yang dapat terjadi karena faktor bawaan ataupun riwayat cedera paru dan infeksi paru berkepanjangan.
  • Pada bronkomalasia saat menghembuskan nafas, saluran napas yang mengalami kelainan akan sangat menyempit sehingga muncul suara bising saat menghembuskan nafas.
  • Mendeteksi bronkopneumonia memiliki banyak cara dari mulai rontgen hingga bronkoskopi, sedangkan pada bronkomalasia hanya bisa dilakukan dengan laringobronkoskopi.
Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis terkait dua kondisi ini.  Untuk itu bila anda mengalami keluhan gangguan pernapasan yang tidak membaik dengan pengobatan biasa dan sudah lama, periksa ke dokter spesialis paru untuk tindakan lanjutan.   Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
infeksi saluran pernapasanpenyakit pernapasanpneumoniagangguan pernapasansaluran pernapasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil