Perbedaan asam urat dan rematik

H Info Penanya: H
dokter, saya wawan 23 tahun. sebelumnya saya ada nyeri di kaki kiri dan belum pernah cek asam urat. saya ingin tau bagaimana saya mengetahui saya terkena asam urat atau rematik?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, H.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Penyakit asam urat adalah penyakit yang disebabkan karena kadar asam urat yang meningkat di dalam tubuh. Penyakit ini dikenal dengan nama gout. Gejala dari penyakit gout adalah:

  • Nyeri sendi
  • Sendi membengkak
  • Sendi terasa nyeri saat disentuh
  • Perubahan bentuk sendi
  • Sendi mengalami kemerahan

Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, perlahan akan berkembang menjadi bentuk tophi (kumpulan kristal urat yang terdapat di bawah kulit). Bentuknya seperti gumpalan atau batu dan biasanya ada di sekitar jari kaki dan tangan, tumit, siku tangan, lutut, dan telinga.

Sedangkan penyakit rematik adalah penyakit yang menyebabkan timbulnya gejala peradangan pada sendi. Bukan hanya berefek pada sendi saja, tetapi berefek pada otot dan tulang juga. Salah satu jenis rematik yang sering ditemui adalah rheumatoid arthritis atau arthritis. Gejala dari penyakit rematik adalah peradangan pada sendi. Sama seperti gejala penyakit asam urat. Akan tetapi, rematik sendiri bisa menyebar sampai ke jantung, pembuluh darah, paru-paru, dan juga mata. Saat mengalami rematik, pasien akan merasa mudah lelah, kesulitan tidur, dan gangguan emosional (depresi, rendah diri, lemah).

Walaupun begitu, baik penyakit asam urat maupun penyakit rematik harus segera diobati. Disarankan untuk kontrol ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diobati dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Akibat mandi malam tidak selamanya buruk bagi kesehatan

4 Akibat Mandi Malam yang Mencengangkan bagi Kesehatan

Akibat mandi malam tidak selamanya buruk, bahkan kegiatan ini terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur. Pun, belum ada bukti ilmiah yang mengatakan mandi malam menyebabkan penyakit seperti rematik.