Perawatan saraf gigi

SU Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
Ass dok saya mau tanya Saya sedng perawatan syaraf gigi, gigi saya sperti di tampal dng kapas yg mengeras tetapi di hari ke 5 saya merasakan nyeriii di daerah gigi yg di tampal ituuu apakah itu normal dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang E,

Perawatan saraf gigi yang dimaksud mungkin adalah perawatan saluran akar. Dimana perawatan saluran akar dilakukan untuk memperbaiki saluran yang rusak akibat infeksi ataupun adanya kerusakan lain seperti gigi berlubang. Perbaikan dan perawatan ini dilakukan agar jaringan sekitar gigi lain tidak ikut mengalami gangguan dan bisa berfungsi dengan baik.

Rasa nyeri saat perawatan saluran akar atau pasca perawatan saluran akar bisa terjadi karena pulpa dan saraf gigi dikeluarkan dan dilakukan pembersihan pada area dalam gigi. Apabila belum selesai akan dilakukan penutupan sementara dan perlu kembali untuk kontrol pada dokter gigi dan melanjutkan proses perawatan saluran akar.

Apabila timbul nyeri, bisa terjadi karena rangsangan pada saraf gigi, gigi yang lebih sensitif, ataupun akibat hal lain seperti misalnya mengonsumsi makanan dan minuman tertentu yang terlalu dingin, terlalu panas, makanan manis, makanan bertekstur keras sehingga memicu rasa nyeri. 

Beberapa cara yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri diantaranya adalah:

  • Hindari makanan dan minuman yang bisa menimbulkan nyeri
  • Mengonsumsi makanan yang mudah dicerna dan lembut
  • Minum obat pereda nyeri yang diberikan oleh dokter atau bisa konsumsi parasetamol atau ibuprofen 200 mg untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul
  • Kompres pipi yang nyeri dengan es batu

Jika nyeri lebih hebat dan juga bengkak di area sekitar gigi yang dilakukan perawatan maka perlu segera memeriksakan diri kembali. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi tonggis bisa dirawat dengan kawat gigi cekat maupun lepasan

Jenis Perawatan Gigi Tonggos yang Efektif agar Gigi Kembali Rapi

Gigi tonggos masih bisa dirawat selama Anda mengikuti prosedur yang benar dari dokter gigi. Selain kawat gigi dengan bracket, gigi tonggos juga bisa dirawat dengan kawat gigi lepasan, hingga operasi.