15 Nov 2021, 18:31Kandungan

apakah masih perawan setelah berhubungan intim?

GW
Info Penanya: GW0
Dok, saya baru pertama kali berhubungan seks dengan pacar saya, terus keluar darah dua hari kedepannya keluar darah lagi, tetapi kami mengguna kondom, nah itu dapat menyebabkan hamil atau tidak ya dok? Dan apakah kalau apakah seperti itu vagina saya sudah tidak perawan lagi?
93 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lizsa Oktavyanti
(0)
Selamat malam, GKehamilan dapat terjadi bila sel telur bertemu dangan satu sel sperma, yang kemudian akan dibuahi, dan menempel pada dinding rahim untuk berkembang hingga saatnya dilahirkan. Kondom selain berfungsi untuk mencehag kehamilan, juga dapat berfungsi mencegah penyakit menular seksual. Tingkat efektifitasan kondom sebagai alat pencegah kehamilan mencaapai bisa lebih dari 95%. Namun, dalam skala kecil, mungkin saja kondom gagal mencegah kehamilan. Hal ini disebabkan oleh :
  • Kondom bocor,
  • Salah ukuran kondom,
  • Salah pemakaian kondom,
  • Kondom kadaluarsa,
  • Penggunakan kondom yang terlalu lama.
Untuk mengetahui apakah anda hamil atau tidak, sebaiknya tunggu hingga terjadi keterlambatan siklus menstruasi hingga lebih dari 7 hari, kemudian lakukan testpack. Anda juga disarankan untuk kedokter kandungan untuk berkonsultasi lebih jauh.Banyak arti keperawanan dalam masyarakat. Ada yang memandang perawan dari wanita yang telah berhubungan intim, walau tanpa penetrasi, pada masyarakat kelompok lain, memandang keperawanan bila wanita melakukan hubungan intim dengan pria melakukan penetrasi. Keperawanan sering dihubungkan dengan robeknya selaput dara ketika hubungan intim pertamakali. Faktanya, tidak semmua wanita mengalami perdarahan pada bhubungan intim pertamakali, hal ini disebabkan oleh selaput dara yang elastis, atau selaput dara yang sudah robek, ketika berolahraga, seperti bersepeda, dan berkuda, atau selaput dara yang telah sobek karena terjatuh. Pada kasus anda, sekarang anda sudah tidak perawan, karena telah berhubungan intim dengan pacar anda. Sebaiknya anda :
  • Melakukan hubungan intim hanya dalam ikatan pernikahan, untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan, dan untuk mencega tertularnya penyakit menular seksual,
  • Menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim.
Anda juga bisa membaca forum terkait dengan kondom dan kehamilan :Semoga membantu.Salam sehat,dr. Lizsa
kesehatan kandungankesehatan wanitahubungan seks beresikomenjaga kesehatanmitos
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil