28 Sep 2020, 20:21Kulit & Kelamin

Perawan atau sudah tidak perawan?

NA
Info Penanya: NA, Wanita, 19 Tahun
Dok saya mau tanya kenapa pada saat saya memasukan jari kedalam vagina, vagina saya tidak berdarah? Apakah saya sudah tidak perawan
217 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang NA,Perawan adalah istilah yang memiliki beragam definisi, ada yang mengartikan perawan adalah jika belum sama sekali melakukan hubungan seksual, ada yang mengatakan jika sudah pernah memasukan benda apapun termasuk jari dikatakan tidak perawan, ada juga yang mengaitkan dengan robeknya selaput dara. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia/KBBI sendiri arti perawan adalah anak perempuat yang sudah patut kawin ataupun belum pernah bersetubuh dengan laki-laki. Jadi apabila pertanyaannya apakah masih perawan atau tidaknya tergantung pada definisi mana yang digunakan. Kenapa vagina tidak berdarah ketika memasukan jari bisa disebabkan karena kondisi selaput dara pada tiap orang bisa berbeda, baik bentuk, elastisitas, ataupun kegiatan yang dijalankan.Selaput dara sendiri bisa lebih elastis jadi saat memasukan jari bisa lentur dan tidak robek, ataupun bisa juga karena selaput dara sudah robek sebelumnya. Robeknya selaput dara sendiri bisa karena beragam aktivitas seperti:
  • Bersepeda
  • Berkuda
  • Senam
  • Penggunaan tampon
  • Trauma seperti kecelakaan, terjatuh atau luka 
  • Aktivitas masturbasi atau memasukan benda lain ke dalam vagina
Untuk itu tidak perlu khawatir dan hindari aktivitas seksual jika belum menikah, selain untuk mencegah risiko penyakit seksual juga untuk menghindari rasa menyesal atau rasa bersalah jika tidak menjaga dengan baik. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan organ intimkelamin perempuanorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil