Apakah saya masih perawan atau tidak?

AI Info Penanya: AI, Wanita, 21 Tahun
dok saya mau tanya, saya sebelumnya tidak pernah melakukan hubungan intim tapi pas saya melakukannya dengan suami saya pertama kali saya kenapa saya gampang sekali dimasukan tidak susah lalu tidak berdarah? itu wajar atau tidak ya dok? itu masih perawan atau tidak ya dok? terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AI,

Keperawanan adalah istilah yang identik dengan selaput dara, dimana seringkali dikatakan sudah tidak perawan apabila saat pertama kali melakukan hubungan seksual tidak mengalami perdarahan.

Sebenarnya keperawanan sendiri tidak bisa dinilai hanya dari ada tidaknya perdarahan saat pertama kali melakukan hubungan seksual. Hal ini disebabkan karena beberapa hal seperti:

  • Kondisi selaput dara yang berbeda-beda tiap individunya
  • Ada yang memiliki selaput dara yang lebih elastis
  • Lubang selaput dara yang berbeda
  • Ukuran penis yang juga beragam

Selain itu selaput dara juga bisa robek tidak hanya karena berhubungan seksual, tetapi bisa karena trauma, kecelakaan, kebiasaan tertentu seperti berolahraga berkuda, bersepeda, bermotor ataupun hal lain.

Jadi wajar saja jika memang lebih muda melakukan penetrasi, karena tidak selalu dipengaruhi karena perawan tidaknya, tapi juga karena produksi pelumas alami saat melakukan hubungan seksual sehingga lebih mudah dilakukan penetrasi.

Istilah perawan juga beragam dimana ada yang mengartikan dimana kemaluan sama sekali belum pernah dimasuki oleh benda apapun tidak hanya berhubungan seksual dengan penetrasi penis, tetapi benda lain termasuk jari. Untuk itu dikembalikan pada pribadi masing-masing, dan jangan terlalu menjadi beban pikiran. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Apabila gairah seks Anda rendah, cobalah untuk konsumsi makanan peningkat libido, yang dekat dengan Anda

Selamatkan Hubungan Anda, dengan Konsumsi Makanan Peningkat Libido Berikut

Seks yang bergairah, secara tidak langsung memberikan manfaat untuk kualitas hidup Anda. Namun, adakalanya hasrat seks menjadi rendah, dan dapat mengganggu kehidupan pribadi, serta rentan merusak hubungan dengan pasangan. Agar tak berlarut-larut, ada cara untuk mendongkrak hasrat seksual, termasuk dengan mengonsumsi makanan peningkat libido berikut ini.