Perasaan yang berubah-ubah dan menganggu

IN Info Penanya: IN, Wanita, 2019 Tahun
Halo dok. Saya ingin berceritaHampir 2 minggu ini saya mengalami rasa yg sering berubah-ubah. Terkadang saya senang lalu sedih. Kadang rasa khawatir dan cemas sering muncul tiba2 hingga saya menangis tanpa sebab. Saya juga pernah mengalami rasa takut yang berlebihan hingga saya berpikir ingin pergi jauh dari dunia ini. Selama 2 minggu ini, aktivitas saya tidak berjalan dengan baik. Saya sekarang lebih sering mengurung diri di kamar. Rasanya saya tidak ingin bertemu org2 diluar sana. Pernah sekali saya keluar rumah. Saya ingin mencoba berlama2 berada diluar rumah. Tetapi saya tidak tahan karena org2 memandangi saya seperti orang aneh. Saya memutuskan untuk pulang kerumah dan memilih berdiam diri di kamar. Ketika saya seorg diri, saya hanya menatap jendela dan terus berpikir ada apa dengan diri saya? Saya selalu merasa diri saya seperti org yg tidak berguna. Setiap malam saya selalu mengkhawatirkan apakah saya bisa menjalani hari esok dengan baik. Saya takut.Mohon penjelasanya dok. Karen perasaan khawatir, gelisah, cemas seperti ini benar2 mengganggu saya. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IN

Terimakasih atas pertanyaannya.

Apakah dalam periode 2 minggu ada suatu peristiwa yang membuat anda kecewa atau sedih. Misalnya kejadian di tempat aktivitas anda, masalah hubungan dengan pasangan, keluarga atau teman baik? Kita semua pernah mengalaminya, bagaimana cara kita menghadapinya berbeda-beda. Saya pernah tidak betah waktu awal kuliah kedokteran, saya melewati masa sma dan kuliah tanpa pasangan. Mungkin saya juga mengalami gejala awal depresi, tapi saya tetap bersemangat dan mencari hal lain untuk membuat stres berkurang. Bisa dengan bicara dengan sahabat dekat atau curhat dengan orangtua.

Bila dibiarkan berlanjut depresi dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Mood jadi hilang, tidak ada gairah, tidak nafsu makan hingga tindakan yang akan menyakiti diri sendiri. Anda juga dapat meminta tolong dengan professional seperti dokter atau psikolog untuk mengatasi masalah anda. Jangan cemas dan hilang semangat ya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Histeria merupakan gejala psikosomatis yang akhirnya memunculkan gejala fisik seperti mudah marah

Mengenal Histeria dan Kaitannya dengan Mass Hysteria

Histeria dulu adalah gangguan mental yang berdiri secara sendiri. Namun, sekarang ini, histeria adalah salah satu gejala yang ditimbulkan oleh gangguan mental lainnya. Histeria bisa dialami oleh banyak orang dalam waktu dan tempat yang sama dan dikenal sebagai fenomena mass hysteria.