Perasaan sedih yang terus-menerus sepanjang hari atau waktu

SA Info Penanya: SA, Wanita, 23 Tahun
Selamat siang dok, nama saya siti agustina sari dok belakang ini saya sering mengalaminKelelahan, Perasaan sedih yang terus-menerus sepanjang hari atau waktu,Mudah kesalRasa bersalah yang mendalam dan tidak beralasan,Perasaan tidak bergunaSulit berkonsentrasi,Hilangnya minat terhadap hal-hal yang membuat senang,Pemikiran dan percobaan bunuh diri,Perubahan di pola makan dan tidur. Saya sudah mengalaminya beberapa bulan terakhir
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Perasaan sedih yang terus menerus selama lebih dari 2 minggu hingga mengganggu aktivitas sehari-hari dapat dikategorikan kedalam depresi. Pada penderita depresi sering muncul perasaan-perasaan seperti :

  1. Merasa sedih dan cemas sepanjang waktu.
  2. Gangguan tidur.
  3. Merasa dirinya tidak berguna.
  4. Kehilangan minat terhadap hal-hal yang sebelumnya menyenangkan.
  5. Susah berkonsentrasi.
  6. Tidak napsu makan.
  7. Menarik diri dari lingkungan sekitar.
  8. Suka menyendiri.
  9. Mudah curiga.
  10. Hingga ada usaha untuk mencelakai diri sendiri atau bahkan orang lain.

Hal ini bila berlangsung secara terus menerus maka akan sangat merugikan diri sendiri dan orang-orang disekitarnya. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi perasaan depresi adalah dengan berbagi masalah dengan keluarga atau orang yang dipercaya, memiliki binatang peliharaan, melakukan olahraga agar tubuh lebih bugar dan dapat merangsang produksi hormon endorfin agar lebih bahagia. Namun bila hal ini sudah berlangsung selama beberapa bulan, maka sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan psikiater untuk mendapat penanganan yang tepat sedini mungkin.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Musik hip hop yang membesarkan nama Rich Brian, ternyata berpotensi untuk pemulihan gangguan mental

Studi: Musik Hip Hop Ternyata Berpotensi Memulihkan Gangguan Mental

Bintang hip hop dan rapper Brian Imanuel Soeworno, yang populer dengan nama Rich Brian, baru-baru ini memenuhi undangan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Riset terbaru membuktikan bahwa musik hip hop dapat menjadi terapi gangguan mental.