29 Jun 2020, 12:56Psikologi

Perasaan risih dan jijik yang berlebihan, bagaimana solusinya ?

N
Info Penanya: N0
Halo dokter, saya N perempuan,dari kecil, Saya merasa jijik jika menyentuh apapun yg licin dan basah seperti sabun, shampoo, lotion,dll . bgtu jg dg kaki. saya merasa tdk nyaman jika menginjak tikar anyaman/sandal yg agk licin,merasa risih kalau duduk di kursi mobil dan sofa yg bahannya licin, trus risih dan jijik dg kuku panjang. Ntah itu kuku org lain atau kuku saya, jd sya potong kuku 3 hari sekali. Mohon solusinya dok. Trmksh
7166 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, N.Perasaan risih dan jijik sejatinya merupakan hal yang lumrah dirasakan apabila tertuju pada hal yang sesuai seperti keadaan kotor. Akan tetapi, apabila perasaan risih dan jijik tersebut menjadi berlebihan dan tertuju pada hal yang tidak lazim maka mungkin dipicu oleh suatu gangguan pada kejiwaan.

Adapun beberapa gangguan kejiwaan yang dapat memicu gejala yang Anda rasakan seperti :

  • obsessive-compulsive disorder atau OCD
  • fobia 
Mengenai keluhan yang Anda alami, untuk dapat diatasi dengan tepat, solusi utamanya adalah memastikan diagnosa dari gangguan tersebut, Setelah dipastikan umumnya akan diperlukan penanganan berupa psikoterapi seperti terapi perilaku kognitif serta pemaparan dan respon pencegahan. Apabila psikoterapi masih kurang adekuat atau kurang efektif maka akan diberikan terapi medikamentosa atau pemberian obat untuk menyeimbangkan zat kimia otak yang mengalami gangguan.
Pada dasarnya kedua gangguan kejiwaan tersebut bersumber dari kondisi kecemasan dan dapat dipengaruhi oleh lingkungan. Maka, ada baiknya Anda mempelajari teknik-teknik manajeman stres dan relaksasi seperti meditasi serta yoga untuk membantu meringankan keluhan yang dialami.
 
Untuk dapat segera tertangani, Anda dapat menemui Psikolog atau Psikiater secara langsung.
 
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
masalah kejiwaanfobiagangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil