Penyumbatan saluran napas pada bayi saat tidur, menyebabkan mendengkur

AN Info Penanya: AN, Pria, 1 Tahun
"Salam Dok,Mohon bantuannya, mengapa setelah anak bayi minum susu formula seperti ada penyumbatan saluran napas dan suaranya terdengar mendengkur?Pada saat lahir sampai dua hari, dokter kandungan tidak mengijinkan pemberian ASI, karena ibunya hanya memproduksi sedikit. Aakhirnya menimbang kondisi anak yang sudah mulai melemah, keluara memutuskan untuk memberikan susu sapi formula yang didampingi dengan ASI. Tapi semenjak itu, bayi terkena penyakit kuning karena kekurangan cairan dan sudah dirawat selama 24 jam dalam inkubator. Selama itu juga, dia diberikan obat tetes yang diberikan dokter tetapi menjadi pasif, sehingga obat diberhentikan dan bayi mulai aktif kembali. Setelah keluar dari inkubator, diulang lagi pemberian susu sapi formula sebagai pendamping ASI dikarenakan bayi membutuhkan banyak cairan, tetapi seiring dengan pemberian susu formula, kondisinya sekarang setelah meminum susu, lima menit kemudian nafas terasa sesak disaat itu mengeluarkan seperti dengkuran, dan susah tidur dikarenakan sulit bernafas, mohon arahannya dok tindakan apa yang selanjutnya harus dilakukan? Sekarang bayi sudah berusia empat minggu tetapi hal tersebut masih terjadi."
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak AJ,

Untuk bayi baru lahir sampai usia 6 bulan, maka makanan bayi hanyalah ASI (Air Susu Ibu). Ini disebut pemberian Asi Eksklusif, hanya ASI saja bahkan tidak ditambahkan air putih. Memang pada seminggu pertama ASI belum lancar keluar dan sering menyebabkan pembengkakan payudara dan ASI yang kental. Yang sangat penting adalah ASI yang petama kali keluar saat Ibu melahirkan yang kental dan berwarna kekuningan yang dikenal dengan nama Colustrum karena mengandung banyak zat penting dan antibody untuk bayi. Colustrum ini hanya sekali keluar saat setelah ibu melahirkan.

Kondisi saat ini mungkin saja disebabkan karena posisi bayi saat diberikan botol susu tidak sesuai atau bayi menderita alergi terhadap susu formula tesbebut.

Berikut hal –hal yang harus diperhatikan saat memberikan susu kepada bayi :

  • Usahakan saat pemberian susu posisi bayi terlentang dengan kepala lebih tinggi dapat ditopang dengan tangan atau bantal.
  • Perhatikan jangan sampai botol dalam kondisi kosong tetap dihisap oleh bayi, akan menyebabkan bayi kembung karena  udara yang tertelan.
  • Hentikan pemberian susu bila bayi sudah tertidur untuk mencegah tersedak.
  • Setelah menyusu baik lewat botol atau ASI, keluarkan kelebihan udara dari perut bayi dengan meletakan bayi telentang dibahu orang dewasa dan tepuk lembut punggung bayi

Sesak dan dengkuran bayi dapat juga disebabkan karena masih tertinggalnya susu dibelakang mulut atau leher, dan dapat menyebabkan bayi tersedak.

Bila hal-hal diatas telah diperhatikan namun belum ada perbaikan pada bayi sebaiknya segera bawa bayi mengunjungi Dokter Spesialis Anak (SpA) dan pilih Dokter yang mendukung pemberian ASI untuk bayi.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Termometer bayi jenis in-ear dapat Anda gunakan pada bayi yang berusia setidaknya 3 bulan

Beragam Jenis Termometer Bayi dan Kegunaannya

Termometer bayi memiliki banyak jenis dan kegunaan tersendiri. Termometer yang bisa digunakan untuk mengetahui suhu bayi antara lain termometer in-ear, termometer dahi, dan termometer ketiak. Selain itu, ada thermometer yang digunakan untuk mengukur suhu botol susu bayi, dan suhu ruangan serta air mandi untuk bayi.