Apakah plak pembuluh darah bisa dihilangkan?

W Info Penanya: W, Pria, 1 Tahun
Apakah penyumbatan darah di otak karena lemak tidak dapat dihilangkan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, W.

Pembuluh darah tersebar di seluruh tubuh kita, dari ujung kepala sampai ujung kaki. Normalnya, dinding dalam pembuluh darah licin dan tidak ditutupi lapisan apapun sehingga darah bisa mengalir dengan lancar. Namun, pada kondisi tertentu, pembuluh darah bisa dilapisi oleh lemak atau racun-racun lainnya yang berkumpul dan menjadi plak pembuluh darah. Plak tersebut dapat menghambat aliran darah.

Apabila plak tersebut terjadi pada pembuluh darah otak, ada bagian otak yang tidak teraliri darah ketika plak bertambah tebal. Hal ini disebut dengan stroke iskemik, yang memiliki gejala berbeda-beda tergantung bagian otak mana yang terkena. Contoh gejalanya adalah bicara pelo, bibir mengot, atau kelemahan salah satu sisi anggota gerak tubuh.

Sampai saat ini, belum ada studi yang cukup untuk mengetahui apakah plak tersebut bisa dihilangkan. Tetapi, plak tersebut bisa dicegah agar tidak bertambah parah, dengan cara:

  • Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan
  • Hindari makanan cepat saji, junk food, dan makanan yang digoreng
  • Tidak makan berlebihan selama buka puasa pada bulan ramadhan ini
  • Hindari minuman beralkohol
  • Tidak merokok
  • Tidur teratur dan tidak begadang
  • Melakukan metode untuk mengelola stres, seperti yoga atau meditasi

Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis saraf untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait dengan kondisi pembuluh darah otak. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita delirium bisa mudah lupa dan kesulitan berpikir akibat gangguan kognitif

Apa yang Terjadi pada Orang Linglung? Ini Penjelasannya

Delirium adalah perubahan mendadak pada otak yang menimbulkan gejala. Penderita delirium biasanya mengalami kesulitan berpikir, kesulitan mengingat, susah tidur, dan gangguan pemusatan perhatian.