Penyempitan saraf pada kaki, bagaimana mengatasinya?

IR Info Penanya: IR, Wanita, 19 Tahun
bagaimana cara mengatasi penyempitan saraf pada kaki?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, IR.

Saraf terjepit bisa terjadi di banyak tempat, selain kaki bisa juga leher, punggung atau tempat lainnya. Saraf tersebut terjepit akibat jaringan di sekitarnya seperti otot, sendi, jaringan ikat, tulang yang menekan saraf terlalu kencang sehingga timbul nyeri, kebas, baal atau kesemutan.

Cara untuk mengatasinya bisa dengan istirahat yang cukup, sehingga jaringan yang radang atau saraf yang terjepit bisa pulih kembali. Mengatur postur tubuh saat berdiri atau duduk untuk mengurangi rasa nyeri. Saat nyeri kambuh bisa dibantu dengan obat anti nyeri yang tersedia bebas di pasaran. Latihan olahraga ringan seperti yoga serta pemijatan daerah yang nyeri juga dapat membantu mengurangi keluhan. Coba angkat kaki yang nyeri kemudian dikompres hangat dan dingin secara bergantian.

Jika keluhan tidak berkurang sebaiknya konsultasi dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Lebih jelasnya bisa dibaca di artikel 13 Cara yang Aman dan Efektif untuk Tangani Saraf Kejepit.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan saluran kemih bukan satu-satunya penyebab sakit pinggang sebelah kanan

Sakit Pinggang Sebelah Kanan Bisa Berbahaya Bagi Anda

Sakit pinggang sebelah kanan terkadang terasa mengganggu atau bahkan menyiksa. Sakit ini menandakan adanya masalah di daerah pusat sekitar rasa sakit, misalnya gangguan pada sistem saluran kemih.