Penyembuhan Wasir Internal Tanpa Operasi

N Info Penanya: N, Pria, 30 Tahun
Salam sehat, apakah isteri saya dapat sembuh dari wasir internal tanpa operasi dan hanya menggunakan obat-obatan saja? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak N,

Indikasi operasi atau pembedahan terhadap haemorhoid atau wasir baik haemorhoid internal maupun haemorhoid eksternal adalah :

  1. Bila penyakit berada pada derajat  3 dan 4, dan telah diderita dalam waktu bertahun – tahun.
  2. Terjadi perdarahan berulang – ulang dan menyebabkan anemia lama yang tidak dapat diobati dengan pengobatan non operasi.
  3. Terdapat sumbatan pada pembuluh darah dan nyeri berat pada wasir.

Sedangkan kontra indikasi dilakukannya operasi pada wasir adalah pada kondisi :

  1. Penyakit berada pada derajat 1 dan 2
  2. Penderita penyakit Chron's
  3. Wanita hamil
  4. Penderita hipertensi portal

Pembagian derajat dan kondisi wasir akan ditentukan saat Bapak melakukan konsultasi dan pemeriksaan ke Dokter Bedah Umum.

Pengobatan terhadap wasir memang secara medis dibagi 2 yaitu dengan pembedahan (operasi) dan tanpa pembedahan.

Keputusan tentang jenis pengobatan  ini dapat didiskusikan dengan Dokter saat Bapak melakukan kunjungan ke Dokter Bedah Umum. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara keseluruhan dan menyimpulkan tindakan yang sesuai dengan kondisi sakit yang dialami oleh Istri Bapak.

Namun bila wasir dalam keadaan sesuai dengan indikasi harus diobati dengan operasi, maka sebaiknya segera di operasi dan jangan dipaksakan untuk ditunda lebih lama. Karena wasir pada derajat 3 dan 4, bila tidak segera dioperasi maka dapat saja terjadi komplikasi antara lain infeksi kronis dan anemia karena perdarahan yang lama dan dapat menyebabkan kematian.

Bapak dan Istri idak perlu khawatir, karena dengan kemajuan dalam bidang kedokteran dan makin banyaknya tenaga Dokter Ahli Bedah yang berpengalaman di Indonesia, maka pembedahan terhadap haemorhoid saat ini sudah termasuk salah satu jenis pembedahan ringan dan sangat sering dilakukan.

Ada 3 pilihan operasi untuk wasir yang umum dilakukan di Indonesia dan di dunia saat ini, dengan keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Sebaiknya segera kunjungi Dokter Spesialis Bedah Umum terdekat dikota Bapak, untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

Berikut adalah panduan pola hidup sehat yang dapat dilakukan untuk mencegah terulangnya penyakit wasir dan untuk wasir derajat 1 dan 2 supaya tidak menjadi lebih parah :

  1. Cegah konstipasi dengan meningkatkan konsumsi makanan mengandung serat tinggi seperti buah dan sayuran serta minum air putih minimal 2 liter sehari. Usahakan BAB sehari sekali secara rutin
  2. Ketika menggunakan toilet, jangan duduk atau mengejan dalam waktu yang lama.
  3. Hindari makanan berbumbu merangsang pencernaan seperti asam, pedas dan alkohol yang dapat mengiritasi wasir. Termasuk kopi dan teh.
  4. Olah raga teratur seperti senam, jalan kaki, dan berenang namun hindari kegiatan olah raga seperti berkuda dan bersepeda.
  5. Hindari mengedan saat mengangkat benda berat, dengan memposisikan tubuh dengan baik.
  6. Pengobatan oleh Dokter dengan pemberian obat-obatan Medis.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Air mata darah bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis, seperti mimisan misalnya.

Tidak Hanya di Film Horor, Air Mata Darah Ternyata Kondisi Medis yang Nyata

Ternyata, air mata darah tidak hanya ada di film horor saja. Kondisi yang disebut sebagai haemalocria di dunia medis ini ternyata nyata, dan siapapun bisa mengalaminya, kalau mengidap kondisi tertentu. Bagaimana penjelasannya?