Penyembuhan pasca operasi kaki apa obatnya?

S Info Penanya: S
Kaki saya habis oprasi supaya cepat sembuh obat apa dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Penyembuhan pasca operasi adalah salah satu tahapan yang penting karena jika tidak ditangani dengan baik luka pasca operasi bisa menjadi terinfeksi dan penyembuhan menjadi lebih lama ataupun tidak jarang menimbulkan masalah baru.

Agar cepat sembuh pasca operasi kaki yang dapat dilakukan adalah:
  • Merawat luka pasca operasi dengan baik, lakukan pergantian perban secara berkala dan jaga agar tetap kering dan bersih
  • Konsumsi obat yang diberikan oleh dokter sesuai anjuran dan habiskan jika ada obat yang harus dihabiskan
  • Kontrol pada dokter sesuai jadwal terutama apabila ada jahitan di luka yang perlu diangkat
  • Konsumsi lebih banyak makanan bernutrisi terutama yang kaya protein agar penyembuhan luka bisa berjalan baik
  • Hindari aktivitas berat dimana penyembuhan sendiri bergantung dari operasi yang dilakukan jika karena patah tulang maka bisa memerlukan waktu hingga beberapa bulan untuk bisa memulai latihan atau fisioterapi untuk mengembalikan kekuatan dan fungsi dari kaki, tetapi jika hanya operasi di permukaan saja tentu penyembuhan lebih cepat

Untuk itu lakukan perawatan luka pasca operasi dengan baik dan konsultasikan kondisi kesehatan kaki Anda secara berkala pada dokter yang menangani agar dilakukan evaluasi dan tahapan untuk bisa memulai latihan agar kembali bisa beraktivitas secara bertahap mulai dari intensitas ringan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertolongan pertama pada luka berdarah harus dimulai dengan menghentikan perdarahan terlebih dulu

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama ketika Anda Alami Luka

Kecelakaan dan keadaan darurat bisa terjadi tanpa diduga. Penting untuk mengetahui cara melakukan pertolongan pertama pada kondisi-kondisi tersebut, khususnya pada luka dan tersedak. Dengan ini, Anda lebih siap dan sigap dalam menanganinya, sebelum mendapatkan pertolongan medis.