Penyembuhan Azoospermia

IS Info Penanya: IS, Pria, 36 Tahun
Dear dokter, apakah azoospermia pada pria dapat sembuh? Apa obat atau tindakan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkannya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Bapak IS,

Azoospermia yang artinya tidak ada sperma yang diproduksi, atau sperma tidak ada  di air mani, hal ini merupakah salah satu penyebab infertilitas (ketidaksuburan) pada pria. Sekitar 1% pria mempunyai kondisi ini, dan 15% pria yang infertil penyebabnya adalah Azoospermia.

Penyebabnya adalah karena testis tidak memproduksi sperma atau adanya sumbatan yang menghalangi sperma untuk keluar dari testis.

Ada 3 tipe Azoospermia yaitu :

  • Pretesticular azoospermia, type ini cukup jarang yaitu testikel normal, tetapi tidak bisa memproduksi  sperma. Hal ini terjadi karena kadar hormon dalam tubuh rendah atau setelah proses khemotherapi untuk kanker.
  1. Azoospermia testis yaitu adanya kerusakan pada buah zakar yang bisa terjadi karena:
  • Infeksi pada saluran reproduksi  seperti epididimitis dan uretritis
  • Penyakit masa kanak-kanak seperti virus orkitis, yang menyebabkan pembengkakan pada salah satu atau kedua buah zakar
  • Cedera di pangkal paha
  • Kanker atau perawatannya, seperti radiasi dan khemotherapi
  • Kondisi genetik (bawaan)
  1. Azoospermia pasca testis termasuk yang sering terjadi yaitu testikel normal dan dapat memproduksi sperma normal tapi adanya sumbatan menyebabkan sperma tidak bisa dikeluarkan, seperti :
  • Sumbatan di tabung yang membawa sperma dari buah zakar ke penis. Ini disebut azoospermia obstruktif.
  • Vasektomi
  • Ejakulasi retrograde, ketika ejakulasi terjadi air mani masuk ke kandung kemih bukan ke penis.

Dokter  akan mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan masalah,  dia akan melakukan pemeriksaan fisik lengkap, bertanya tentang riwayat kesehatan Bapak mulai dari usia dini, dan menguji darah untuk mengukur kadar hormon Bapak.

Untuk melihat apakah ada sumbatan maka dapat dilakukan dengan Vasografi, yaitu tes pencitraan menggunakan X-ray dan pewarna khusus, dan pemindaian lainnya. Terkadang, operasi adalah satu-satunya cara untuk menemukan adanya  obstruksi atau sumbatan. Mungkin diperlukan tes genetik bila semua pemeriksaan sebelumnya tidak ada masalah.

Ada beberapa jenis pengobatan yang dapat membantu pria dengan azoospermia yang ingin memiliki anak.

Jika azoospermia tipe obstruktif, operasi dapat menghilangkan sumbatan, untuk yang tidak ingin operasi dapat disarankan salah satunya dengan metode kehamilan secara IVF ( In Vitro Fertilisasi)

Pengobatan untuk kondisi Azoospermia akan disesuaikan dengan tipe mana jenis Azoospermia yang Bapak alami. Konsultasikan dengan Dokter Spesialis Urologi (SpU) untuk menegakkan kondisi ini lebih lanjut.

Datanglah ke Rumah Sakit atau Klinik yang khusus menangani infertilitas karena dipastikan lebih lengkap fasilitas dan tenaga ahli di sana.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anemia sel sabit pada pria bisa menyebabkan priapismus, infertilitas hingga gangguan ginjal pada pria.

Anemia Sel Sabit pada Pria Picu Infertilitas

Anemia sel sabit dapat dialami oleh pria dan wanita, tetapi pada pria, anemia sel sabit dapat memicu infertilitas dan dampak negatif lainnya. Meskipun belum ada obatnya, anemia sel sabit dapat ditangani dengan pemberian antibiotik.