Penyebaran COVID 19 saat banjir

AR Info Penanya: AR, Wanita, 24 Tahun
Hi dok, mau nanya untuk apakah saat banjir penyebaran COVID 19 akan semakin luas ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona yang menyerang sistem pernapasan manusia. Gejala yang ditimbulkan jika terinfeksi virus ini adalah demam tinggi, batuk, nyeri tenggorokan, flu, dan sesak napas. Penyebaran virus ini sangat cepat sekali. Penularan virus corona ini lewat droplet (percikan ludah lewat batuk atau bersin) dari penderita ke orang yang sehat, sehingga penularannya lebih cepat. 

Pada saat musim banjir seperti ini, penularan virus corona bisa saja terjadi jika para korban banjir berkumpul bersama-sama dan tidak melakukan social distancing. Jadi, jika ada satu orang yang menderita COVID-19 dalam kerumunan itu, maka kemungkinan yang lainnya bisa terkena. Untuk itu, sebaiknya saat kondisi banjir tetap hindari kerumunan. Lakukan social distancing yang baik. Selain itu, lakukan juga pola hidup sehat dan bersih seperti rajin mencuci tangan, makan makanan yang bergizi, menjaga kebersihan lingkungan rumah, dan tidak lupa untuk mengkonsumsi vitamin.

Jika kondisi memaksakan Anda harus keluar rumah saat banjir, sebaiknya gunakan masker penutup hidung dan mulut dan tetap lakukan jaga jarak dengan orang-orang di sekitar Anda.

Salam sehat,

dr. Ester

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penggunaan obat oles merupakan cara mengobati herpes yang dinilai cukup efektif

Beragam Cara Mengobati Herpes Simplex Tipe 2 yang Tepat

Penyakit kulit herpes simplex tipe 2, merupakan salah satu penyakit menular seksual yang sering terjadi. Meski tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, namun cara mengobati herpes yang tepat, dapat membantu meredakan gejala yang dirasakan, serta mempersingkat masa aktif virus.