Penyebab vagina gatal dan perih setelah kencing

PD Info Penanya: PD, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya apa penyebab pegina saya gatal dan perih kalaw sudah cuci kencing
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, PD

Sebelumnya apakah anda sudah menikah? Apakah anda aktif secara seksual? Biasanya penyebab gatal dan perih setelah kencing adalah karena adanya infeksi. Infeksi bisa di saluran kencing atau di dalam vagina. Jaga kebersihan vagina tidak perlu dengan menggunakan pembersih kewanitaan terlalu sering. Malah dianjurkan cukup 1x seminggu, agar flora normal di vagina tidak hilang. Kemudian gunakan sabun lembut yang non pewangi dan cukup bersihkan daerah luar vagina. Karena bagian dalam memiliki cara sendiri untuk membersihkan vagina.

Bila sudah mulai gatal-gatal sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk evaluasi lebih lanjut dan mendapat tatalaksana yang sesuai. Semoga saran saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan setelah haid sebaiknya diperiksakan ke dokter bila disertai rasa gatal luar biasa maupun nyeri pada vagina

Keputihan Setelah Haid, Ketahui yang Normal dan yang Tidak

Saat haid, darah dan sisa-sisa jaringan di lapisan rahim akan dikeluarkan lewat vagina. Tetapi meski menstruasi sudah berhenti, terkadang masih ada lendir yang keluar. Tergantung dari tekstur dan warna cairan yang keluar, keputihan setelah haid bisa menjadi hal normal maupun pertanda penyakit tertentu.