18 Sep 2021, 14:16Kulit & Kelamin

Penyebab vagina bergigi

S
Info Penanya: S0
Dokter, apa benar kabar soal tumbuhnya gigi di dalam vagina itu? Apa yang menyebabkan vagina bergigi ini muncul ya? Bagaimana cara mengatasinya?
111 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat siang, S.Banyak berita beredar yang mengatakan tumbuhnya gigi di dalam vagina. Lalu apakah hal ini benar terjadi atau hanya mitos belaka? Mitos yang dikenal dengan vagina dentata ini digunakan agar tidak terjadinya kasus pemerkosaan pada dahulu kala. Ternyata dalam dunia kesehatan ada penyakit yang mirip dengan mitos ini.

Kondis medis tumbuhnya benda asing pada vagina :

  • Penyakit tumor. Tidak selamanya tumor merupakan pertumbuhan jaringan seperti daging. Terdapat tumor langka yang disebut teratoma. Tumor ini berasal dari sel tidak normal yang ada di system reproduksi. Yang dapat tumbuh dalam tumor ini seperti gigi, rambut, tulang.
  • Kista dermoid. Penyakit ini merupakan penyakit teratoma tapi sel-sel nya matang atau matur menurut fungsinya.
Kebanyakan kasus ini memiliki keluhan seperti rasa nyeri perut, perut terasa penuh. Namun ada juga yang tidak menimbulkan gejala, semua tergantung dari besarnya ukuran tumor atau kista tersebut.Maka dari itu sangat penting bagi para Wanita untuk menjaga kesehatan organ vital.Langkah dalam menjaga kebersihan vagina :
  • Rutin mengganti pantyliner atau pembalut saat haid
  • Bertanggung jawab pada kehidupan seksual
  • Rutin cek Pap smear bagi yang telah melakukan aktivitas seksual
  • Vaksinasi HPV. Mencegah keganasan pada Rahim.
Bila memang ditemukan adanya kecurigaan akan hal ini maka jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,Dr. Elsinda
tumorhpvkesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil