Penyebab Utama Badan Lemas

IB Info Penanya: IB, Pria, 31 Tahun
Siang Dokter, Ingin bertanya kenapa saya sering lemas. Apakah saya harus medical chekup? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yang terhormat Bapak I,

Badan sering terasa lemas atau lelah, lemah, dan letih lesu kemungkinan dapat disebabkan oleh dua kondisi umum yaitu Karena Pola Hidup yang tidak sehat dan karena Penyakit atau kondisi Medis tertentu. Sehingga pencegahan dan pengobatan yang dilakukan akan disesuaikan dengan penyebabnya.

Berikut kami sampaikan faktor apa saja yang menyebabkan badan sering lemas atau lelah, lemah, dan letih lesu.

Pola Hidup yang tidak sehat, yaitu :

  • Kurang atau tidak berolahraga. Lakukan olahraga ringan seperti jalan santai dan lari selama 20 menit, paling cepat 3 jam sebelum tidur. Hal ini menyebabkan tidur menjadi lebih nyenyak dan badan akan bersemangat pada pagi harinya.
  • Terlalu banyak minum kopi (banyak kafein dalam darah). Minum 1 sampai 2 cangkir kopi sehari akan membuat badan menjadi lebih waspada dan konsentrasi meningkat, namun Kafein yang terlalu banyak dalam darah akan menimbulkan efek sebaliknya yaitu lemas dan letih.
  • Terlalu banyak gula dalam darah. Makan  malam yang terlalu banyak mengandung gula, alkohol dan karbohidrat, menyebabkan kadar gula darah yang meningkat dan menyebabkan gangguan saat tidur, sehingga pagi hari badan masih terasa lelah dan tidak bersemangat. Sebaiknya seimbangkan menu makan malam dengan buah dan sayuran hijau yang mengandung banyak serat.
  • Tidak cukup tidur dan adanya gangguan tidur. Orang dewasa normal membutuhkan waktu 6 sampai 7 jam untuk tidur malam. Sebaiknya mulai tidur pada jam 10 malam dan bangun pada jam 4.30 pagi. Karena yang terpenting adalah kwalitas tidur itu yaitu dapat mencapai fase tidur dalam, pada jam 11 malam bila disesuaikan dengan gelombang otak manusia. Bila kwalitas tidur terganggu atau waktu tidur tidak sesuai maka, saat bangun tidur badan akan tetap terasa lemas dan lelah. Pada orang yang  mendengkur, kwalitas tidur tidak pernah tercapai, untuk kondisi ini kami sarankan untuk konsultasi lebih lanjut dengan Dokter di RS terdekat.
  • Hindari bekerja dan “online” sampai melebihi jam 10 malam. Kebiasaan nonton Tv, online di media sosial, dan bekerja didepan komputer sampai jam 10 malam menyebabkan otak sulit untuk tidur sehingga saat bangun di pagi hari badan tidak bersemangat.
  • Diet terlalu ketat,sehingga tubuh kurang nutrisi. Melewatkan waktu sarapan, dan makan tidak seimbang menyebabkan tubuh kurang nutrisi dan gula darah menjadi rendah, hal ini menyebabkan organ penting dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan sempurna dan merupakan salah satu penyebab badan menjadi lemas dan gampang kelelahan.
  • Dehidrasi (Tubuh kekurngan cairan). Minum air putih 2 Liter / hari, sebaiknya ditambah bila bekerja di luar ruangan, suhu udara panas, dan dalam keadaan sakit.
  • Terpaksa Bekerja dimalam hari, sehingga harus tidur di siang hari. Sebaiknya tidur di ruangan gelap, sunyi dan dingin sehingga otak bisa menyesuaikan dengan perubahan waktu.
  • Ruangan kamar tidur kurang cahaya matahari. Sebaiknya tidak menggunakan tirai dari bahan yang menghalangi sinar matahari ke kamar tidur. Jika ruangan terlalu gelap, ritme sirkadian akan sulit membedakan antara siang dan malam sehingga tubuh lebih sulit terbangun dari tidur di pagi hari.
  • Stress dan terlalu banyak beban pikiran, menghalangi tubuh untuk tidur nyenyak sehingga pada pagi hari tubuh merasa lelah dan tidak bersemangat.
  • Makan makanan penghasil gas sebelum tidur, seperti makanan olahan, alkohol, minuman ringan, kol, ubi, bawang bombai, makanan terlalu asam dan terlalu pedas menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan menyebabkan gangguan selama tidur.
  • Depresi, bila kelelahan tubuh bersifat kronis disertai dengan menurunnya semangat (mood) dan perasaan sedih tanpa sebab, sebaikny segera kunjungi Dokter Spesialis Jiwa terdekat untuk konsultasi lebih lanjut.

 

 

Penyakit (Kondisi Medis tertentu)

 

    • Anemia, merupakan penyebab paling sering dari kelelahan pada tubuh. Kami   sarankan pemeriksaan laboratorium darah (Kondisi sel darah dan kadar besi dalam darah) untuk mengetahui hal ini. Konsumsi makanan tinggi kadar besi seperti daging merah, sayuran berwarna hijau gelap, hati, dan suplemen zat besi.
    • Kekurangan Kalium dalam tubuh

 

 

    • Masalah Tiroid, Hipertiroid atau Hipotiroid dapat menyebabkan kelelahan. Pemeriksaan kadar Tiroid dalam darah dapat dilakukan untuk membantu mengevaluasi fungsi tiroid.
    • Diabetes Melitus (Kencing manis) yang tidak terkontrol menyebabkan kelelahan tubuh yang lama.
    • Kemungkinan adanya penyakit jantung yang tersembunyi.
    • Alergi makanan

 

 

Sebaiknya segera perbaiki pola hidup menjadi Pola Hidup Sehat, dan jika diperlukan kunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam terdekat untuk konsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Melakukan meditasi di alam terbukadapat memperkuat tubh dan membantu Anda lebih rileks

Terapkan Cara Menjaga Kesehatan Mental Berikut, demi Jantung Sehat

Menangani gangguan stres dan kecemasan dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental, antara lain memotivasi diri, olahraga teratur, istirahat cukup, dan meditasi.