19 Jul 2020, 00:24Perut

Sakit perut jika makan kerang dan terasa melilit

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok kenapa ya setiap saya makan kerang perut saya selalu sakit sakit ny berkali lipat lambung ny melilit sesak jga pdhl saya ga telat makan kenapa ya? Mohon jawaban ny dokk?
29231 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang T,Sakit perut melilit dan sesak adalah gejala yang bisa terjadi karena beberapa penyebab mulai dari maag, iritasi usus, asam lambung, keracunan makanan, alergi makanan, infeksi usus ataupun penyebab lainnya.Apabila keluhan sakit perut hanya dirasakan jika makan kerang saja maka bisa disebabkan oleh alergi terhadap kerang atau cara pengolahan kerang yang kurang baik, baik kurang bersih ataupun mengolahnya dengan cara atau dimakan dengan sambal yang juga bisa mengiritasi lambung dan usus.Untuk itu sebaiknya hindari mengonsumsi kerang terutama jika dimakan dengan sambal, diolah dengan santan ataupun pemilihan kerang yang kurang segar. Untuk meredakan gejala yang timbul bisa mengonsumsi obat antasida sebelum makan 3 kali sehari.Jika keluhan sering kali kambuh dan timbul beberapa gejala lain seperti:
  • Terasa nyeri perut sampai ke tenggorokan
  • Dada terasa panas
  • Napas kurang lega
  • Nyeri ulu hati
  • Mual sampai muntah
Maka perlu segera memeriksakan diri pada dokter karena bisa menandakan adanya gejala GERD ataupun luka di lambung ataupun usus yang memerlukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut oleh dokter atau dokter spesialis penyakit dalam. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
maagmasalah pencernaangerdsakit perut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil