Penyebab tuberkulosis kelenjar tidak hilang setelah minum obat lima bulan

RA Info Penanya: RA, Wanita, 17 Tahun
Pagi Dokter, saya menderita TB Paru sama TB Kelenjar. Sudah minum obat selama 5 bulan. Saat di cek hasil tes dahak saya sudah negatif, tapi kelenjar di leher saya masih bengkak, ya? Apa nanti akan kempes kalau saya minum obat sampi 6 bulan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu RA,

Idelanya, konsumsi Obat Anti Tuberkulosa (OAT) adalah 6 hingga 9 bulan. Lalu untuk TBC yang lebih parah, pengobatan dapat dilanjutkan sampai 12 bulan. Karena Ibu juga menderita TB Kelenjar, yaitu TB yang menginfeksi kelenjar getah bening di area bawah leher, maka akan terjadi pembengkakan pada area tersebut dan akan tetap membesar hingga pengobatan selesai dilakukan.

Maka dari itu, bagi pasien dengan TB Kelenjar operasi pengangkatan kelenjar untuk menghilangkan pembengkakan yang dirasa mengganggu estetika dapat menjadi pilihan. Saran kami, untuk saat ini lebih baik Ibu fokus terlebih dahulu untuk menyelesaikan pengobatan dengan OAT karena proses tersebut memerlukan komitmen serta ketaatan yang kuat.

Usahakan jangan sampai ada hari yang terlewat untuk minum OAT. Ketidaktaatan dalam minum obat akan menyebabkan penyakit menjadi lebih parah, kuman menjadi resisten (kebal) dan tidak responsif lagi dengan OAT sehingga harus diobati dengan obat yang lebih kuat. Dapat juga penyakit menulari daerah lain dari tubuh seperti alat kandungan, usus, ginjal, tulang dll.

Setelah pengobatan dengan OAT dinyatakan selesai dan Ibu dinyatakan telah sembuh sepenuhnya oleh dokter yang merawat, Ibu dapat mengunjungi Dokter Spesialis Bedah untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai benjolan pada leher tersebut.

Semoga informasi di atas berguna dan Ibu tetap semangat untuk menjalani pengobatan yang sedang dijalani.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AJ
15 Oct 2019, 11:54
saya siswi kelas 12 MA menjalani proses pengobatan tb kelenjar sudah 9 bulan..alhamdulillah kelenjar kempes sedikit daripada awal dulu ..kemarin kontrol kata dokter nambah sampai 12..tapi akhir2 ini saya sering terlambat minum obat (terlambat 4,5 Jam ) kira2 itu termasuk penyebab lambatnya proses penyembuhan apa tidak ,dok? tolong berikan solusi agar cepatnya proses penyembuhan nya...mturnuwun
Dibalas oleh AJ
15 Oct 2019, 11:57
dok saya sekarang masih menjalani pengobatan sampai 12 bln...dan selama itu saya sering kentut..apa itu termasuk efek samping dari proses pengobatan???? tolong beri solusinya..mturnuwun

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pneumonia pada anak perlu dikenali gejalanya sejak dini, sebelum bertambah parah

Kenali Gejala Pneumonia pada Anak dan Cara Mencegahnya Berikut Ini

Pneumonia pada anak bisa disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala yang serupa dengan penyakit lain sehingga tidak dikenali.