Penyebab trombosit turun dan apa yang harus dilakukan

YA Info Penanya: YA
Dok bila trombosit 140000 led 70 naik eosofil 6 lomosite 42 hal apa yang harus di lakukan selain obat dari dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YA,

Trombosit adalah komponen sel darah yang memiliki fungsi membekukan darah dimana normalnya adalah 150.000 - 400.000 per mikroliter darah. Jika terjadi penurunan dibawah angka normal disebut dengan trombositopenia yang bisa disebabkan oleh beragam hal seperti:

  • Adanya infeksi seperti demam dengue ataupun infeksi virus lain yang membuat trombosit bisa menurun hingga hari ke enam sakit
  • Perdarahan 
  • Kelainan darah sepertl leukemia, idiopathic thrombocytopenic purpura, dan lainnya
  • Efek penggunaan obat-obat tertentu
  • Efek dari pengobatan seperti radioterapi

Untuk itu karena informasi terbatas pada hasil lab saja maka perlu dikonsultasikan pada dokter apa yang menjadi penyebabnya agar bisa melakukan penanganan lain yang sesuai dengan diagnosa Anda. Jika penyebabnya adalah infeksi virus maka yang bisa dilakukan adalah cukup beristirahat, perbanyak minum air putih dan juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang dipercaya bisa meningkatkan trombosit seperti mengonsumsi jambu biji, mangga, jeruk, delima, sari kurma, dagin, telur dan makanan yang kaya zat besi atau suplemen lain, tetapi perlu diingat bahwa makanan tersebut hanya membantu saja dan khasiatnya perlu penelitian lebih lanjut. 

Jika timbul demam dan berkelanjutan, sakit kepala hebat, mimisan, gusi berdarah, tubuh makin lemah, timbul tanda dehidrasi, keringat dingin, pucat dan pingsan maka perlu penanganan segera pada dokter atau ke unit gawat darurat terdekat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat jus jambu biji bisa meningkatkan trombosit penderita DBD

Benarkah Manfaat Jus Jambu Bisa Mengobati DBD?

Kandungan jambu biji yang dapat membantu penderita DBD adalah flavonoid jenis kuersetin. Zat tersebut dapat menghambat virus dengue untuk memperbanyak diri, sehingga dapat mencegah pendarahan akibat rusaknya trombosit.