Penyebab timbul kemerahan disertai gatal pada kulit

SR Info Penanya: SR
Dok saya ingin bertanya waktu saya kelas 2 smp kulit saya Jika terkena matahari timbul merah merah kadang gatal dan kadang tidak dan malam juga begitu, saya mengira ini alergi saja tetapi saat saya mengalami gugup tiba2 muncul merah2 di kulit saya dan kadang terasa gatal kadang tidak bagaimana cara menyembuhkannya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SR.

Gugup yang menimbulkan timbulnya ruam kemerahan pada kulit merupakan hal yang sangat jarang ditemukan kecuali jika suda terdapat kondisi medis sebelumnya seperti psoriasis, neurodermatitis. Kondisi lain yang dapat menyebabkan ruam kemerahan disertai gatal pada kulit seperti dermatitis atopik, dermatitis kontak, infeksi jamur ataupun kondisi medis lainnya.

Untuk memastikan penyebab dan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Beberapa tips yang dapat dilakukan :

- Jangan menggaruk

- Kompres air es saat ruam terasa gatal selama 2-3 menit

- Hindari dan kelola stres

- Hindari paparan sinar matahari secara langsung sampai dipastikan penyebab dari keluhan anda.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi mata ikan menjadi salah satu cara yang efektif dalam mengatasi mata ikan

Prosedur Operasi Mata Ikan Ini Perlu Anda Ketahui

Operasi mata ikan dilakukan untuk membantu meredakan nyeri pada mata ikan. Prosedur mata ikan diawali dengan pembersihan kulit, pembiusan, dan pengangkatan mata ikan.