Penyebab tidak kencing seharian

EO Info Penanya: EO
Anak saya umur 15bln lg skt, td pagi jam 7 ganti pampers tp sampe skrg jam 5 sore sy mau ganti pampers, knp masih kering pampersnya?? Berarti anak saya tidak pipis seharian ini?? Padahal mkn ia, minum ia.. Kira" itu penyebabnya apa ia?? Bahaya kah??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore EO,

Berdasarkan cerita Anda berarti anak Anda memang tidak kencing dari pagi hingga sore, namun sayangnya Anda tidak menjelaskan anak Anda sedang sakit apa, apakah demam, diare atau mundah-muntah.

Beberapa kemungkinan penyebab tidak kencingnya anak meskipun sudah makan dan minum adalah :

  1. Dehidrasi. Dalam kondisi dehidrasi berat yang biasanya disebabkan oleh diare atau muntah maka tidak ada cairan yang dapat dikeluarkan melalui kencing. Kondisi dehidrasi biasanya ditandai dengan anak lemas, tidak keluar air mata ketika menangis, tidak mau minum, tidak kencing, denyut jantung menjadi cepat.
  2. Adanya sumbatan di saluran kencing yang menyebabkan air seni tertahan di kantong kencing. Kondisi ini akan mengakibatkan perut bagian bawah akan membesar, dan anak akan kesakitan bila perut bawah ditekan, karena air seni terkumpul disana namun tidak dapat keluar.

Karena dari pagi hingga sore anak Anda tidak kencing samasekali, maka Anda wajib segera memeriksakan anak Anak ke Rumah Sakit terdekat untuk mendapat penanganan segera karena ini termasuk kegawatan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri E.coli

Bakteri E-coli Jadi Salah Satu Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh bakteri E.coli dan dapat dialami oleh pria ataupun wanita. Namun, wanita berisiko tinggi terkena infeksi saluran kemih. Salah satu gejala infeksi saluran kemih adalah rasa nyeri saat buang air kecil.