Penyebab Tibial Internal Rotation

BS Info Penanya: BS, Wanita, 1 Tahun
Hi dokter, saya memiliki anak yang didiagnosis mengalami tibial internal rotation di kedua kakinya. Apakah penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya? Apa ada hal-hal yang bisa saya lakukan agar kakinya dapat kembali normal? Saat ini usia anak saya adalah 2 tahun. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu BS,

Diagnosa  “tibial internal rotation” atau yang dikenal dengan nama “toeing in” atau “toeing out” merupakan kelainan kaki pada anak yang umumnya disebabkan oleh posisi bayi dalam kandungan. Kondisi ini dapat didiagnosa saat anak berumur 2 sampai 3 tahun.

Dan penanganan yang diaanjurkan oleh Dokter sampai saat ini hanya melakukan observasi secara ketat. Kaki akan berangsur sembuh pada umur 4 tahun dan paling lambat pada umur 9 tahun kaki anak akan normal kembali.

Bila tidak menyebabkan kelainan dan gangguan berjalan pada anak, maka Ibu tidak perlu terlalu cemas. Dukung anak dalam tahap pertumbuhannya dan berdoa selalu untuk kesehatan anak Ibu.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bersin-bersin dan mata berair bisa menandakan adanya gejala campak

Kondisi-kondisi yang Dapat Dikenali Sebagai Gejala Campak

Dengan berkembangnya informasi yang meragukan efektivitas dari vaksin MR yang berguna untuk mencegah campak dan rubella, angka kejadian campak di Indonesia cenderung meningkat. Gejala campak sendiri akan muncul 9-11 hari setelah infeksi virus terjadi. Pada tahap awal, virus akan menyebabkan timbulnya demam, batuk, mata merah, serta munculnya cairan atau lendir pada hidung.