Penyebab terlambat haid, apakah berhubungan dengan pil KB darurat ?

TP Info Penanya: TP, Wanita, 33 Tahun
Dokter,bulan lalu saya haid tanggal 9 juni,kemudian bulan ini saya haid tanggal 1 juli. Rentang waktunya adalah 22 hari. Berarti seharusnya saya tggl 22 juli sudah haid lagi.tpi sampai sekarang blm haid.saya dan suami selalu berhubungan memakai pengaman.seminggu yg lalu saya meminum pil KB darurat karena takut pengamannya bocor.apakah penyebab saya belum haid dok?apa ada hubungannya dengan minum pil KB darurat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, T.

Penyebab terlambat haid umumnya merupakan berbagai faktor yang berhubungan dengan hormon pengatur siklus menstruasi. Faktor-faktor tersebut memicu ketidakseimbangan hormon yang kemudian berdampak pada gangguan haid.

Adapun berbagai faktor tersebut, antara lainnya ialah :

  • konsumsi atau penggunaan obat-obatan tertentu seperti Pil KB
  • berat badan yang tidak ideal (kelebihan atau kekurangan)
  • stres, kecemasan dan kondisi emosional labil lainnya
  • kondisi medis tertentu seperti kehamilan
  • penyakit tertentu yang berhubungan dengan gangguan hormon ataupun gangguan pada alat reproduksi
  • dan lain-lainnya

Mengenai keluhan terlambat haid yang Anda alami dapat berhubungan dengan riwayat penggunaan pil KB darurat pada Anda. Salah satu efek samping yang umum terjadi dari penggunaan KB hormonal yang salah satunya adalah pil KB darurat adalah perubahan pada siklus haid, sehingga hal yang Anda alami tergolong masih wajar. Namun demikian, jika keterlambatan haid sudah melebihi dua minggu ada baiknya melakukan test pack untuk menyingkirkan kemungkinan faktor penyebab berupa kehamilan.

Jika hasilnya negatif maka Anda dapat mencoba cara alami untuk mengatasi keterlambatan haid dengan mengonsumsi air rebusan jahe dan bubuk kayu manis. Apabila keluhan terlambat haid berkelanjutan hingga tiga siklus kedepan, periksakanlah secara langsung pada dokter Kandungan untuk memastikan tidak adanya kondisi medis atau penyakit tertentu pada Anda.

Salam sehat,

dr.. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DY
26 Jul 2020, 00:58
Dok saya bulan lalu saya datang hait, pada tagl 20 juni, tapi bulan ini saya tidak datang hait dan sudah terlambat 6 hari tapi saya belum melakukan berhubungan intim sama suami, dari bulan lalu sampi skrng, apakah saya hamil??? Trimaksih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
26 Jul 2020, 11:18
Selamat siang DY
Apabila 20 Juni 2020 adalah hari pertama Anda haid, maka sampai hariini 26 Juli 2020 sudah 37 hari. Siklus haid normal adalah 21 - 35 hari. Selain karena hamil, terlambat haid bisa disebabkan oleh stres. kelelahan, aktifitas fisik berlebih, masalah hormon, atau adanya masalah pada organ reproduksi wanita.
Konsumsilah makanan sehat dan bergizi, hindari stres dan kelelahan, Jika sukis haid masih tidak lancar, periksakan ke dokter spesialis kandungan.
Terima kasih.
Dibalas oleh TP
26 Jul 2020, 05:15
Terima kasih dok atas jawabannya...sudah beberapa hari ini saya mengalami nyeri pinggang,perut terasa keras,kepala pusing dan keputihan.bulan2 sebelumnya jika saya mengalami hal itu,keesokan harinya pasti haid.tpi ini sudah beberapa hari bahkan sudah seminggu lewat.apa penyebabnya ya dok?
Dibalas oleh TP
26 Jul 2020, 05:15
Terima kasih dok atas jawabannya...sudah beberapa hari ini saya mengalami nyeri pinggang,perut terasa keras,kepala pusing dan keputihan.bulan2 sebelumnya jika saya mengalami hal itu,keesokan harinya pasti haid.tpi ini sudah beberapa hari bahkan sudah seminggu lewat.apa penyebabnya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
26 Jul 2020, 11:20
Selamat siang TP.
Penyebab terlambat haid bermacam-macam selian karena kehamilan, bisa disebabkan oleh adanya gangguan hormon, stres, kelelahan, obesitas, atau bahkan adanya masalah lain pada organ reproduksi wanita. Untuk dapat memastikan apakah penyebabnya, perlu dilakukan pemeriksaan. Jika siklus haid masih belum lancar, periksalah ke dokter spesialis kandungan terdekat.
Terima aksih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pil KB memiliki dua jenis, yaitu yang mengandung hormon progesteron dan hormon progesteron-estrogen

Jenis-Jenis KB, Pilih yang Paling Tepat untuk Anda

Penggunaan alat kontrasepsi bertujuan untuk menunda kehamilan dan mengatur jumlah anak yang dilahirkan. Beberapa jenis alat kontrasepsi (KB) yang bisa digunakan, antara lain IUD, kondom, suntik KB, dan pil KB.