Penyebab Telinga Berdenging dan Terasa Gatal

M Info Penanya: M, Wanita, 49 Tahun
Salam,Saya mau bertanya apa penyebab telinga sering berdenging, yang juga kadang diikuti rasa gatal. Saya sudah berobat ke spesialis THT namun belum sembuh juga. Mohon penjelasan dari Dokter.Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat untuk Ibu M,

Penyebab telinga berdenging atau berdengung (dikenal dengan nama Tinitus) sangat mungkin disebabkan karena beberapa hal yaitu adanya gangguan sirkulasi darah ke telinga, adanya kotoran dalam telinga, adanya gangguan fungsi syaraf.

Tinitus dapat terjadi bila mendengarkan suara tinggi dan keras pada waktu lama contohnya berasa dalam pabrik, atau saat mendengarkan musik terlalu keras dengan earphone, dll. Tinitus jenis ini akan hilang dengan sendirinya bila kita menghentikan dan menghindar dari  penyebab dan suara bising tsb.

Tinitus bukan merupakan penyakit tapi lebih sering merupakan pertanda atau gejala adanya suaku kelainan lain yang menyertai. Untuk pada penderita penyakit kronis seperti penderita kencing manis ( Diabetes Melitus), penderita darah tinggi (Hipertensi), penderita kadar kolesterol yang tinggi dalam (Hiperkolesterol), penderita gangguan pengentalan darah dan orang yang mengalami stress kronik atau stress dalam waktu lama dan terus menerus. Tinitus juga dapat dialami bila mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan akan sembuh bila obat dihentikan.

Perlu diwaspadai bila tinitus berlangsung dalam waktu lebih dari 2 minggu dan tidak kunjung sembuh walaupun telah dilakukan pencegahan seperti menghindari tempat yang berisik dan mengobati penyakit kronis yang diderita.

Keluhan telinga gatal, bila terasa gatal pada liang telinga maka mungkin disebabkan akibat adanya alergi atau adanya infeksi karena jamur dan peradangan karena infeksi kuman.

Bila sebelumnya Ibu telah mengunjungi Dokter THT maka saran kami untuk segera mengunjungi Dokter THT lainnya untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut. Pergantian Dokter THT dibutuhkan untuk mendapat pendapat ke dua supaya Ibu lebih jelas dengan kondisi yang Ibu alami saat ini. Tanyakan semua hal yang perlu Ibu ketahui dan jangan lupa untuk menjelaskan hasil informasi dari Dokter sebelumnya serta berikan data obat dan semua hasil pemeriksaan Diasnostik yang sebelumnya pernah Ibu peroleh dari Dokter yang pertama.

Sebaiknya segera ke Dokter THT,karena kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman dan dapat berlanjut bila tidak diobati.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.