Penyebab telinga berair pada bayi setelah terkena batuk dan pilek

ER Info Penanya: ER
Apa p3nyebab Telinga berair pada bayi usia 8 bln d sertai batuk flu?sudah k tht sempat sembuh tpi ketika anak batuk flu telinganya kambuh lgi seperti ituu.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, ER.

Terkait dengan pertanyaan anda, kemungkinan penyebabnya adalah infeksi pada telinga tengah yang disebut sebagai otitis media akut.

Infeksi pada telinga tengah mudah terjadi pada bayi dan anak-anak karena adanya saluran yang menghubungkan saluran pernapasan dan telinga tengah, dimana saluran tersebut lebih pendek, dan agak lurus sehingga memudahkan infeksi dari saluran napas ke telingan tengah.

Gejala klinis OMA bergantung pada stadium penyakit serta umur pasien. Pada anak yang sudah dapat berbicara keluhan utama adalah rasa nyeri di dalam telinga, di samping suhu tubuh yang tinggi. Biasanya terdapat riwayat batuk pilek sebelumnya. Infeksi telinga tengah bisa menyebabkan menumpuknya cairan di telinga tengah, sehingga jika membran yang menghubungkan antara telinga luar dan telinga tengah ruptur/pecah, cairan tersebut akan keluar ke telinga luar yang dapat kita lihat.

Sebaiknya anda membawa anak anda ke dokter spesialis THT kembali, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.