Penyebab telat haid

ND Info Penanya: ND
Saya sudah 1 bulan ini tidak haid tapi mengalami ciri ciri datangnya haid,itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, ND.

Kebanyakan wanita yang belum mencapai menopause biasanya mengalami mestruasi setiap 28 hari. Namun, siklus menstruasi yag normal berkisar 21-35 hari. Jika periode Anda tidak termasuk dalam rentang ini, iy bisa jadi karena saah satu berikut ini:

- Stres. Ketika stres maka dapat memengaruhi bagian otak Anda yang bertanggungjawab untuk mengatur menstruasi Anda.

- Berat badan rendah. Wanita dengan gangguan makan, seperti anoreksia nervosa atau bulimia, dapat mengalami menstruai yang terlewat.

- Obesitas. Hali ini dapat menyebabkan perubahan hormon yang menyebabkan periode menstruasi Anda terlewat.

- Sindrom ovarium polikistik (PCOS). Merupakan suatu kondisi yang menyebabkan tubuh Anda memproduks lebih banyak hormon androgen pria. Kista dapat terbentuk di indung telur akibat dari ketidakseimbangan hormon. Ini dapat membuat siklus haid tidak teratur atau bahkan dapat berhenti.

- Penggunaan pil KB.  Kandungan dalam pil KB yaitu hormon estrogen dan progestin, yang mencegah indung telur untuk melepaskan sel telur.

- Penyakit kronis. Diabetes dan penyakit celiac (peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus kecil Anda sehingga mencegah tubuh menyerap nutrisi yang penting) dapat memengaruhi siklus menstruasi Anda.

- Hamil

- Awal menopause

- Gangguan tiroid. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat memperlambat periode menstruasi.

Konsultasikan ke dokter spesialis kandungan, jika keluhan yang dirasakan disertai demam, nyeri perut hebat, peningkatan atau penurunan berat badan dan mual-muntah.

Semoga bermanfaat. Salam sehat.

dr. Reni Utari

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.