Penyebab telapak tangan mengelupas

A Info Penanya: A
Selamat pagi Dok mau nanya kenapa ya telapak tangan seperti memerah dan melupas itu kenapa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Telapak tangan memerah dan mengelupas bisa disebabkan karena beberapa faktor, antara lain:

  • Terlalu sering mencuci tangan. Terlalu sering mencuci tanga mengakibatkan kulit kering, apalagi jika tangan terkena kandungan deterjen, kandungan kimia yang keras atau sabun.
  • Faktor iklim. Iklim yang kering mempengaruhi kelembapan kulit. Jika saat musim dingin, kulit akan cenderung kering dan kadang mengelupas.
  • Terbakar sinar matahari (sunburn). Saat beraktivitas di luar ruangan, kulit akan terpapar sinar matahari. Lama kelamaan, kulit akan terbakar, kemerahan, panas, dan perih. Lalu, akan mengelupas.
  • Mengisap jari. Kebiasaan mengisap jari, akan membuat luka di kulit tangan dan mengelupas. Ini biasanya terjadi pada anak-anak
  • Paparan zat kimia. Paparan zat kimia yang dimaksud adalah jika Anda bekerja di bidang pertanian, konstruksi, dan manufaktur. Yang dimana, jika terus menerusa terpapar zat kimia, akan menyebabkan tangan iritasi dan mengelupas akibat kering.
  • Alergi
  • Eksim di tangan. Muncul dengan gejala kulit kemerahan, pecah-pecah, gatal, dan mengelupas.
  • Psoriasis. Penyakit kulit yang menyebabkan kulit bersisik, pecah-pecah, kulit tangan mengelupas.
  • Eksfoliative keratolysis. Penyakit ini menyebabkan kulit tangan mengelupas. Biasanya di dahului dengan timbulnya lepuhan-lepuhan, kering, kemerahan, dan pecah-pecah.

Untuk mengatasi keluhan Anda tersebut, Anda bisa menghindari penyebab-penyebab yang membuat kulit tangan Anda mengelupas. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pelembab untuk tangan sesering mungkin. Telapak tangan jangan digosok-gosok jika terkelupas. Jika keluhan mengganggu aktivitas, saya sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit agar dapat ditatalaksan dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat salep antiinflamasi nonsteroid, kortikosteroid, antibakteri, tacrolimus dapat membantu mengurangi gatal dan kemerahan akibat peradangan kulit

Pilih Jenis Salep Eksim yang Tepat untuk Atasi Gangguan di Kulit

Eksim adalah peradangan kulit berupa gatal, kemerahan, dan pecah-pecah. Eksim dapat diobati dengan salep antiinflamasi nonsteroid atau kortikosteroid yang diresepkan oleh dokter.