06 Dec 2018, 20:20Kandungan

Penyebab susah hamil

D
Info Penanya: D, Wanita, 25 Tahun
Dear Dokter, Kami berencana untuk segera memiliki keturunan, sudah 4 bulan kami menikah tapi saya belum juga hamil. Setiap habis berhubungan selalu keluar darah. Tiga bulan lalu telah dijahit pada vagina karena ternyata robek. Apa karena itu saya susah hamil? Atau karena sang suami perokok dan peminum alkohol sehingga mempengaruhi kualitas sperma. Mohon informasinya. Terima kasih.
31092 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Dear Ibu D, Untuk mendiagnosa apakah seseorang atau sepasang suami istri bermasalah dengan kesuburan (Inferilitas) maka diperlukan waktu minimal 12 bulan atau 1 tahun, bila pasangan tersebut dalam keadaan sehat fisik dan mental, tidak menggunakan alat kontrasepsi dan melakukan hubungan badan secara teratur yaitu dua kali dalam seminggu. Hubungan badan lebih dari dua kali atau kurang dari dua kali dalam seminggu tidak dianjurkan bila pasangan ingin cepat hamil, karena proses pematangan sperma dan sel telur membutuhkan waktu. Hampir 30 persen penyebab infertilitas (ketidaksuburan) penyebabnya adalah dari pria, dan faktor yang mempengaruhi kesuburan atau kualitas sperma pria antara lain :1. Penyakit tertentu seperti :
  • Diabetes Melitus (Sakit kencing manis)
  • Varikokele yaitu varises pada pembuluh darah di testis
  • Penyakit infeksi seperti PHS (Penyakit yang ditularkan melalui hubungan sexual)
  • Adanya tumor
  • Menjalani pengobatan kanker dengan khemotherapy dan radiasi
  • Perlengketan pada saluran sperma akibat infeksi lama
2. Suhu panas menyebabkan produksi sperma menurun sampai menghambat produksi sperma
  • Berendam lebih dari 20 menit di air panas atau sauna
  • Demam (suhu tubuh meningkat)
  • Sering menyimpan telpon genggam dalam saku celana
  • Sering memakai celana dalam dan celana ketat
  • Sering memangku laptop
3. Kelebihan berat badan atau obesitas dan kurang gizi4. Bahan kimia dan radiasi, seperti tempat kerja di daerah mengandung radiasi dan bahan kimia harus menggunakan pelindung yang sesuai standar5. Minum obat0obatan tertentu6. Alkohol dan merokok7. Narkoba8. Kelainan bawaan pada kromoson suamiPahami penyebab diatas, kemudian bila dijumpai penyebab yang dapat diobati atau dihindari sendiri sebaiknya mulai dilakukan seperti berhenti merokok dan minum alkohol dan mulainya hidup sehat.Untuk riwayat perdarahan pada vagina yang Ibu keluhkan secara umum bila hanya mengenai vagina sedangkan rahim dan sel telur tetap sehat, seharusnya tidak menjadi kendala. Saran kami tetaplah berusaha dan berdoa, bila sampai 12 bulan setelah menikah dan Ibu belum juga hamil maka sebaiknya segera kunjungi Dokter Kebidanan dan Kandungan (SpOG) untuk berkonsultasi lebih lanjut. Salam Sehat
hubungan seksualmeningkatkan kesuburanmasalah infertilitasalkoholmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil