Penyebab seseorang melakukan bully?

MO Info Penanya: MO, Wanita, 20 Tahun
Dokter,saya ingin bertanya.Apa penyebab seseorang melakukan bullying terhadap orang lain? apa dampak bullying bagi si korban dari sisi posif dan negatif? lalu bagaimana cara menanggulangi agar tidak terjadi lagi kasus bullying? Apa yang harus kita lakukan saat kita dibully? mohon jawaban selengkap-lengkapnya dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MO

Terima kasih atas pertanyaannya.

Beberapa alasan seseorang melakukan bullying diantaranya karena keinginan untuk mendominasi orang lain dan meningkatkan status sosial. Biasanya akibat percaya diri yang rendah, merasa marah atau frustrasi dan gagal dalam bersosialisasi. Sepertiganya mengakui sebagai korban bullying sebelumnya.

Efek jangka panjangnya, sering tidak berperasaan, sulit mengontrol emosi dan depresi. Seringnya berasal dari masa kecilnya dengan melakukan bully tapi tidak mendapat pengertian dan arahan dari orang tua atau gurunya dikarenakan mengalami kesulitan dalam sekolah dan kurang pede. Bisa juga karena kurang kasih sayang, dianiaya dan korban pelecehan, sehingga berusaha berganti peran menjadi pelaku bully.

Untuk penanganannya perlu bantuan secara sosial dari keluarga dan orang terdekatnya. Bila perlu dengan arahan tenaga professional seperti psikolog atau terapis. Berikut saya lampirkan artikel mengenai kesalahan dalam mendidik anak saat SD sebagai masukan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak yang pintar dan cerdas memiliki kemungkinan menjadi korban bullying

Kenali Tipe-Tipe Anak yang Rentan Mengalami Bullying di Sekolah

Beberapa tipe anak mungkin akan di-bully jika memiliki kondisi fisik tertentu. Tidak hanya itu, anak yang pintar dan cerdas atau anak yang disukai di sekolah pun memiliki kemungkin menjadi korban bullying.