Penyebab sering sakit kepala?

SO Info Penanya: SO, Wanita, 19 Tahun
Sering sakit kepala kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SOS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sakit kepala kronis adalah nyeri kepala selama lebih dari 15 hari. Jenis sakit kepala bisa tension (tekanan), migrain atau cluster. Bisa juga disertai mual, berkeringat, sensitif terhadap cahaya, hidung tersumbat atau mata merah.

Beberapa penyebabnya seperti pegal di otot kepala dan leher, nyeri saraf wajah akibat hidung tersumbat atau mata merah, perubahan kadar hormon (PMS) atau faktor keturunan. Pola hidup juga berperan akibat perubahan cuaca, terlalu banyak kopi, kurang tidur atau stres. Beberapa pilihan pengobatannya tergantung penyebabnya. Bisa menggunakan obat yang dijual bebas, namun bila keluhan menetap sebaiknya konsultasi langsung dengan dokter agar diberi obat yang menggunakan resep. Selain itu Anda bisa melakukan terapi seperti konseling, fisioterapi, akupunktur atau pijat relaksasi. 

Jangan lupa pola hidup sehat, stop merokok, minuman keras, hindari stres, olahraga teratur, banyak minum dan makanan yang bergizi. Beberapa tips mengatasi nyeri kepala bisa Anda baca di artikel ini.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit kepala sebelah kiri dapat menyebabkan sensasi berdenyut di kepala

Sakit Kepala Sebelah Kiri: Berbagai Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit kepala sebelah kiri dapat membuat Anda merasa kesakitan, dan tidak nyaman. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, namun terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.