Penyebab sering merasa bersalah ?

MG Info Penanya: MG, Pria, 19 Tahun
Assalamualaikum Wr.Wb . Dok, sebelum saya nanya... Prkenalkan, nama saya Melani. Umur, 18thn. Pekerjaan,Pelajar (mahasiswi). Saya ingin brcerita sedikit ttng kejadiannya. Begini, saya dulu punya temen deket cowok namanya itu riki(kami tdk brpacaran, ttpi saling mmgang komitmen 1 sama lain) yg bisa dibilang orang nya penyabar, lemah lembut, pengertian, sabar(intinya dia tdk prnah menyakiti saya, baik scara fisik maupun prasaan). Pada akhirnya, saya meninggalkan dia krna mungkin saat itu ada org lain dan saya juga org nya cpet bosan dan akhirnya yg cwok ke 2 ini pun saya tinggalkan juga. Stelah kami sudah lama tdk chatting'an dan menghubungi 1dgn sama lain. Saya baru sadar dok, kalau saya salah sudah menyia2kan riki tmen dket saya itu. Saya merasa saya ini seorang yg sangat jahat untuk dia, krna dia memberikan apa yg terbaik untuk saya, sedangkan saya membalasnya dengan cara menyakiti hatinya. Parahnya dok, sampai saat ini saya tdk bisa memaafkan diri saya. Apakah saya trlalu keras memikirkan kejahatan yg saya lakukan dgn tman dkat saya riki itu dulu dok? Sampai2 bbrapa cwok pun yg ingin mengenal dan mendekati saya, tidak saya respon. Krna saya takut untuk melakukan kesalahan yg sama.Trus, permasalahan saya yang ke dua dok, saya ini org nya keras kepala apa pun yg saya inginkan. Saya harus capai dgn cara apa pun itu. Tapi dok, jika tidak trcapai keinginan saya trsebut. Saya suka kepikiran hebat, dan trpaku dgn keinginan saya itu, sampai2 org yg disekitar saya pun saya diem'in/marah2in. Bahkan seringkali jika saya keinget lagi dok, sama dua hal yg diatas... Saya suka nangis sendiri tanpa sebab dan kepala saya itu rasanya pusing banget dok...intinya mau pecah gtu rasanya itu sakit nya brlangsung kurang lebih 2-3jam dok. Tapi klo parah banget, saya suka mukul kpala sndiri scara g sadar. Mohon penjelasannya untuk saya dok saya mnderita pnyakit/gangguan kejiwaan apa? ,, saya sbenarnya ingin sekali ke psikiater/psikolog dok buat mastiin saya ini kenapa?kadang kala bisa sperti itu. Tapi saya blom punya uang dan blom bisa cari uang sendiri untuk ksana...krna klo ksana kan prlu biaya yang cukup banyak kmungkinan. Jdi mohon penjelasan untuk saya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MG.

Terkait dengan keluhan anda, perlu dilakukan suatu pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui diagnosa pasti dari keluhan anda. Kemungkinan anda mengalami gangguan kepribadian, gangguan depresi ataupun gangguan kecemasan.

Diperlukan pemeriksaan psikiatrik lengkap- anamnesis, observasi, pemeriksaan fisik, laboratorium, pemeriksaan Psikologik – tes kepribadian (personality tests) sesuai indikasi diperlukan untuk menegakkan diagnosis, sebaiknya ke dokter spesialis kejiwaan atau psikiater sehingga terapinya bisa sesuai dengan causanya.

Beberapa tips yang dapat anda lakukan :

  • Olahraga 3 kali dalam seminggu, selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, juga menjaga kesehatan jiwa
  • Selalu berpikir positif
  • Istirahat yang cukup dengan tidur 6-8 jam pada malam hari
  • Konsumsi makanan yang sehat
  • Berbagi dengan orang lain saat mempunyai masalah/sharing
  • Bersosialisasi
  • Meditasi
  • Selalu bersyukur
  • Mendekatkan diri dengan Tuhan

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak hanya wanita, pria pun bisa mengalami depresi post partum.

Selain Wanita, Ternyata Pria Juga Bisa Alami Depresi Berat

Pria ternyata bisa mengalami depresi berat, setelah istri menjalani persalinan. Sayangnya, kondisi depresi berat ini kerap diabaikan.