Penyebab sering lupa, apakah karena depresi atau stres?

D Info Penanya: D, Wanita, 20 Tahun
Penyebab sering lupa pd kejadian yg br bbrp hr terjadi. Seperti lupa 2 hr yg lalu melakukan apa. Apa ini karna efek depresi atau gmn ya dokter. Soalnya saya sering bgt stress gt smpe depresi bgt.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, D

Terima kasih atas pertanyaannya.

Penyebab paling umum dari sifat pelupa adalah kurang tidur yang menyebabkan perubahan mood dan kecemasan. Pada akhirnya menyebabkan masalah pada ingatan. Obat-obatan juga memiliki pengaruh besar dari obat penenang, antidepresan atau beberapa obat tensi. Hormon tiroid yang kurang aktif dapat mempengaruhi ingatan, juga gangguan tidur, serta depresi. Semuanya mengakibatkan jadi pelupa. Minuman beralkohol juga berperan untuk menganggu ingatan jangka pendek. Kemudian kondisi anda yang stres juga dapat membuat suli konsentrasi dan menyimpan informasi sehingga menyebabkan gangguan ingatan. Salah satu tanda depresi adalah mudah lupa, tidak semangat dan sulit merasa senang.

Sebaiknya anda diperiksa lebih lanjut dengan Dokter untuk memastikan penyebabnya. Kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium darah dan bila diperlukan pemeriksaan otak seperti CT Scan atau MRI. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Depresi adalah gangguan mental yang menjadi penyebab kecacatan tertinggi kedua setelah HIV/AIDS

Penyebab Depresi dan Perbedaannya Berdasarkan Jenis Kelamin

Penyebab depresi cukup berbeda di antara wanita dan pria. Dalam penyebab depresi pada wanita, depresi dapat dipengaruhi oleh faktor biologis, ekspektasi sosial, dan lain-lain. Sementara dalam penyebab depresi pada pria dipengaruhi oleh penggunaan obat terlarang, kekerasan seksual sewaktu kecil, dan lain-lain.