Penyebab sering kesemutan di tangan, apakah stroke?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dokter mau nanya dong, Saya kerja sering shift malam dan pulang subuh. Kondisi kantor membuat saya sering terpapar angin AC. Saya sering merasa lengan kanan terasa kesemutan. Kemarin pagi, saya bangun dan mendadak otot wajah kaku dan sulit digerakkan. Selain itu, telinga berdengung di bagian sisi sebelah kanan. Kira-kira saya mengalami gejala apa ya dok, karena ada yang bilang ini mirip stroke dan ada juga yang bilang mirip bellpasy. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Keluhan kesemutan di tangan memang sangat mengganggu, terlebih bila dirasakan secara terus menerus atau sering berulang.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan kesemutan pada tangan seperti :
  1. Carpal tunnel syndrome.
  2. Multiple sclerosis.
  3. Sumbatan pada pembuluh darah otak (stroke).
  4. Bell's palsy.
  5. Kerusakan saraf tepi.
  6. Kerusakan pada serabut saraf yang ada di tulang belakang (radikulopati).

Pada keluhan yang Anda sampaikan berupa mendadak otot wajah kaku dan sulit digerakkan, telinga berdengung di bagian sisi sebelah kanan, kesemutan di lengan kanan, maka kemungkinan lebih mengarah ke diagnosa Bell's palsy daripada gejala stroke, terlebih pekerjaan Anda yang mengharuskan terpapar AC dalam jangka waktu lama.

Pada stroke seringkali disertai dengan kelemahan anggota gerak, dan gangguan berbicara seperti pelo. Namun karena gejalanya hampir mirip, maka sebaiknya Anda segera periksa ke dokter saraf untuk memastikan penyebabnya dan agar dapat ditangani dengan cepat agar tidak menimbulkan gejala sisa. Biasanya pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter akan didukung oleh pemeriksaan darah, hingga CT scan atau MRI kepala.

Obat akan diberikan bila diagnosa sudah pasti, misal dengan diagnosa Bell's palsy, dokter saraf akan meresepkan obat golongan kortikosteroid, obat neuroprotektor, dan lainnya sesuai dengan gejala yang ada. 

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita delirium bisa mudah lupa dan kesulitan berpikir akibat gangguan kognitif

Apa yang Terjadi pada Orang Linglung? Ini Penjelasannya

Delirium adalah perubahan mendadak pada otak yang menimbulkan gejala. Penderita delirium biasanya mengalami kesulitan berpikir, kesulitan mengingat, susah tidur, dan gangguan pemusatan perhatian.