04 Jun 2021, 17:26Perut

Penyebab sering kentut tapi tidak bau

SA
Info Penanya: SA0
Dokter, apa penyebab sering kentut tapi tidak mengeluarkan bau? apakah ini tanda penyakit tertrntu? cara mengatasinya bagaimana ya dok? Terima kasih.
152 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi SAF,Kentut, atau dalam bahasa medis disebut dengan flatus, adalah proses keluarnya gas dari anus. Gas tersebut berasal dari metabolisme saluran cerna, yang terjadi melalui reaksi kimia dan aktivitas bakteri. Kentut merupakan hal yang wajar dan alami, sehingga sebenarnya seseorang tidak perlu malu untuk mengeluarkan kentut.

Kentut Tapi Tidak Bau

Nah, mengenai kentut yang tidak berbau, hal ini mungkin saja terjadi. Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu bahwa bau yang ada pada kentut biasanya berasal dari gas kandungan gas hidrogen sulfida. Jika Anda mengonsumsi banyak makanan yang mengandung kandungan sulfida yang tinggi, maka biasanya kentut akan lebih berbau ketimbang biasanya.Tapi, jika kentut tidak berbau, kemungkinan gas yang dikeluarkan mengandung hidrogen sulfida yang rendah. Gas tersebut biasanya berasal dari udara yang terperangkap di saluran cerna; misalnya pada saat Anda mengunyah permen karet, pasca berteriak-teriak dan tertelan udara, efek obat antibiotik tertentu, atau habis mengonsumsi minuman bersoda. Jadi, kemungkinan besar ini bukan tanda penyakit tertentu dan biasanya tidak berbahaya.

Cara Mengatasi Kentut 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kentut adalah hal alami sehingga sebenarnya tidak perlu diatasi. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman karena frekuensi kentut terlalu sering, Anda dapat mencoba melakukan hal-hal berikut:
  • menghindari masuknya udara lewat mulut, misalnya dengan tidak berbicara terlalu banyak
  • membatasi minuman bersoda, kopi, teh, dan minuman beralkohol
  • membatasi konsumsi makanan yang mengandung gas, misalnya ubi atau kol
  • mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik misalnya yogurt
  • mengeluarkan angin dengan cara bersendawa
Untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan keluhan saluran pencernaan Anda ke dokter spesialis penyakit dalam. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
sakit perutperutperut kembung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil