Penyebab sariawan pada bayi dan cara menghilangkannya

N Info Penanya: N
Assalamualaikum dok saya mw tanya.. Ank saya umur 9 bulan di bawah lidah ada putih semacam sariawan tapi besar. Sudah 2 bulan blum sembuh.. Sudah di bawa ke dokter tapi belum sembuh2
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NM

Sariawan pada rongga mulut anak yang berusia 9 bulan, bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti:

- Tidak sengaja tergigit
- Infeksi virus seperti Hand, Foot, and Mouth Disease
- Kekurangan nutrisi seperti zat besi, asam folat, zinc, dan vitamin B12
- Alergi makanan atau minuman

Jika kondisi ini sudah 2 bulan tidak sembuh, kemungkinan, penyebab awal dari munculnya sariawan belum teratasi. Apabila kondisi ini disebabkan karena anak tidak sengaja menggigit lidah, maka bisa lebih diperhatikan posisi tumbuhnya gigi bawah anak.

Jika posisi tumbuhnya miring dan membuatnya lidanya seringkali tergigit, maka Anda untuk sementara Anda bisa memberikan obat oles untuk sariawan khusus bayi, untuk melindungi lidahnya sambil menunggu posisi gigi berubah seiring pertumbuhannya.

Apabila penyebabnya adalah infeksi virus, maka perlu dilakukan perawatan-perawatan yang sesuai agar virus tersebut hilang, sehingga sariawan yang dialami si kecil pun bisa hilang. Lalu, untuk melihat apakah anak mengalami kekurangan nutrisi seperti zat besi atau vitamin, maka diperlukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut. Jika kondisi tersebut benar karena adanya kekurangan nutrisi, maka diperlukan perbaikan asupan makanan anak.

Sedangkan apabila kondisi ini disebabkan oleh alergi, maka Anda perlu mencari asupan apa yang sekiranya membuat si kecil alergi, sehingga bisa dihindari di kemudian hari.

Dalam kasus ini, penentuan penyebab munculnya sariawan adalah hal yang sangat penting agar perawatan yang diberikan bisa sesuai. Maka dari itu, Anda disarankan untuk kembali memeriksakan anak ke dokter gigi spesialis anak, serta dokter spesialis anak, agar bisa dilakukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh dan rinci.

Semoga membantu,

Salam sehat

drg. Nina Hertiwi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salep untuk berengan di bibir, disesuaikan dengan penyebab awal munculnya luka di sudut bibir

Salep untuk Berengan di Bibir, Mana yang Paling Manjur?

Dalam bahasa medis, luka di sudut bibir atau berengan disebut sebagai angular cheilitis. Selain menimbulkan rasa perih, kondisi ini akan membuat ujung bibir terlihat kering dan berdarah. Luka di sudut bibir bisa diobati, umumnya dengan bermacam-macam salep. Apa saja jenisnya?