Penyebab sakit pada perut sebelah kanan yang menjalar

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 25 Tahun
Saya sering sakit perut bagian kanan tembus ke belakang, klw tambah sakit biasanya sakitnya turun ke bawah dan menjalar ke bagian kiri perut.Itu penyakit apa yah dan apa obatnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Pak AA,

Keluhan sehubungan dengan perut banyak dijumpai karena dalam perut terdapat banyak sekali organ mulai dari hati, empedu, usus, lambung, dll. Juga karena bermacam-macam aktivitas diantaranya bekerja, makan, bernafas, buang air kecil dan buang air besar semua melibatkan perut.

Pada keluhan nyeri di perut kanan, lokalisasi dan waktu timbulnya serta gejala penyerta menjadi informasi yang harus digali lagi yah pak oleh dokter yang memeriksa. Keluhan perut kanan yang tembus ke belakang dan menjalar ke bawah dapat disebabkan oleh:

1. Keram otot perut

Olahraga yang kurang pemanasan, batuk yang sering, posisi duduk yang tidak tegak, dapat menyebabkan gangguan otot perut, gejalanya ialah nyeri muncul saat pasien merubah posisi misal dari tiduran ke bangun duduk, atau saat ingin miringkan badan ke kiri atau ke kanan di tempat tidur.

2. Batu kandung empedu

Organ kantung empedu yang menjadi tempat penyimpanan garam empedu yang berfungsi untuk mencernakan lemak dan protein dapat mengalami kristalisasi garam empedu menjadi batu empedu. Terbentuk butiran batu yang ukuran antara 2 mm sampai 10 mm dan ketika pasien habis makan dan kandung empedu berkontraksi akan menyebabkan nyeri akibat pergesekan di dalam. Gejalanya perut kanan atas di bawah tulang rusuk samping sakit saat diraba, rasa nyeri muncul hilang timbul terutama sehabis makan makanan berlemak, sifatnya menjalar ke belakang yaitu bahu dan punggung di antara tulang belikat punggung. Penderita juga dapat mengalami begah dan mual.

3. Usus buntu

Akibat ada sisa makanan yang mengeras dan terinfeksi pada daerah umbai cacing atau usus buntu maka usus buntu dapat meradang, gejalanya nyeri di perut kanan bawah. Sakit perut sebelah kanan bawah yang dirasakan dapat bertambah parah bila penderita batuk, berjalan, atau membuat gerakan yang tiba-tiba.

4. Batu ginjal 

Batu bisa terbentuk mulai dari saluran keluar urin dekat ginjal (setinggi ruas iga belakang) sampai saluran urin yang bermuara pada kandung kemih (setinggi perut bawah). Batu-batu ini mengakibatkan nyeri yang khas yaitu pegal dari pinggang kiri atau kanan berlanjut melilit ke menjalar ke arah selangan dan paha kiri atau kanan tergantung sisi munculnya batu. Jika diperhatikan seksama maka ada perubahan warna urin memjadi kemerahan atau agak berbusa karena ada luka di dalam saluran kemih

Sebaiknya bapak memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dapat dilanjutkan dengan pemeriksaan USG perut, dan cek darah. Sehingga akan dilakukan pengobatan sesuai penyebab keluhan anda. 

Yang dapat dilakukan di rumah ialah:

  1. Makan seimbang dan lunak, kurangi pedas, asam, dan lemak yang memberatkan kerja pencernaan dan usus. Perbanyak air putih dan buah-buahan agar BAB lancar
  2. Dapat minum paracetamol tablet untuk pereda nyeri ketika nyeri datang
  3. Dapat mengkompres lokasi perut yang sakit dengan botol kaca atau buli-buli karet yang berisi air hangat, sensasi hangat akan merilekskan otot punggung dan otot pencernaan juga menenangkan saraf
  4. Istirahat dan kurangi olahraga yang banyak menggerakkan otot sekitar perut sementara waktu
  5. Hindari stress dan tidur malam cukup

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menelan permen karet tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan serius

Mitos atau Fakta: Menelan Permen Karet Berbahaya Bagi Tubuh?

Banyak mitos seputar menelan permen karet. Menelan permen karet memang bukanlah hal yang direkomendasikan. Tapi, bukan berarti hal ini bisa menimbulkan bahaya.