Sakit kepala bagian belakang hingga leher, apa penyebabnya ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
Halo Dokter Saya sering merasakan sakit kepala bagian belakang, hingga ke leher. Sakit kepala itu terjadi setiap hari dan membuat tidur terganggung. Dan bahkan saya merasa tubuh saya sakit. Menurut dokter itu bagaimana ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, YT.

Sakit kepala merupakan sensasi nyeri yang dirasakan pada sebagian atau seluruh bagian kepala. Lokasi sakit yang dirasakan dapat mengindikasikan penyebab yang berbeda-beda. Salah satu lokasi sakit kepala, yang kerap kali dialami adalah sakit kepala belakang. Untuk sebagian orang sakit kepala tersebut bahkan disertai penjalaran ke tubuh lain seperti leher.

Adapun berbagai kondisi medis yang dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala belakang, diantaranya adalah :

  • memiliki postur tubuh yang buruk
  • sakit kepala migrain
  • mengidap neuralgia oksipital (rusaknya saraf tulang belakang yang menuju kepala)
  • sakit kepala belakang servikogenik (karena pergeseran piringan sendi tulang leher)
  • radang sendi
  • sakit kepala tegang 

Mengenai keluhan yang Anda alami, mungkin disebabkan oleh salah satu kondisi medis diatas, untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh ahli. Jika keluhan cenderung ringan, mungkin keluhan dipicu oleh postur tubuh yang kurang baik, sakit kepala migrain ataupun sakit kepala tegang. Namun apabila keluhan sering terjadi dan disetai penjalaran sampai ke leher, dikhawatirkan penyebabnya lebih serius, seperti kerusakan saraf atau pergeseran piringan sendi pada tulang belakang.

Untuk sementara Anda dapat mengonsumsi air rebusan jahe dan kunyit untuk membantu mengurangi keluhan nyeri. Anda pun dapat mengonsumsi vitamin B kompleks untuk membantu memelihara kesehatan saraf. Jika nyeri mulai mengganggu akativitas, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek.

Apabila nyeri kepala belakang yang menjalar hingga leher tersebut mengalami perburukan, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter Spesialis Saraf untuk mendapatkan penanganan yang tetap.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.  Salam sehat,  dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit kepala bagian atas bisa disebabkan oleh kurang tidur atau posisi tidur yang buruk

Mengetahui Penyebab Sakit Kepala Bagian Atas dan Cara Mengatasinya

Sakit kepala bagian atas tentu terasa sangat mengganggu dan membuat Anda tidak nyaman. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kurang tidur hingga hipertensi.